blank
Festival arak-arakan Cheng Ho 2023

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tapak tilas Perjalanan Laksamana Cheng Ho memberikan makna akan pentingnya persatuan bangsa. Akulturasi budaya Jawa dan Tiongkok yang ditinggalkan Laksamana Cheng Ho, melahirkan peradaban tatanan masyarakat diantaranya peninggalan bangunan berupa Klenteng yang sekarang berdiri megah yaitu Klenteng Agung Sam Poo Kong dan kegiatan budaya berupa Arak-arakan Cheng Ho yang masih terlestarikan sampai sekarang.

Dimana tahun ini kita memperingati HUT Kedatangan Laksamana Cheng Ho yang ke-618 atau Festival arak-arakan Cheng Ho 2023. Kegiatan arak-arakan di mulai dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok menuju ke Klenteng Agung Sam Poo Kong jalan Simongan pada Sabtu, 19 Agustus 2023, dimana Event ini telah masuk dalam kalender of Event di kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Antusias luar biasa terlihat dari jumlah pengunjung yang terus meningkat tiap tahunnya. Terutama saat event tersebut. Bukan hanya dari masyarakat lokal saja, namun turis mancanegara pun turut hadir untuk menyaksikan event ini.

Baca Juga:Festival Arak Arakan Cheng Ho Tahun ini akan Kembali Digelar di Sam Poo Kong Semarang

Pada tahun 2023, festival kali ini akan lebih menarik dan megah dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, tahun ini Festival Cheng Ho didukung oleh Kementrian Pariwisata.

Sehingga, Festival kali ini akan bertaraf Internasional. Dengan harapan dapat membawa nama Kota Semarang ke kancah Internasional. Selain ritual sembahyangan, rangkaian kegiatan dari Bakti Sosial pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Selanjutnya, Malam Perayaan dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus 2023, akan ada pertunjukkan budaya antara Barongsai Tonggak Naga Damai, Barongsai Naga Sakti, Barongsai Nacha Dharma, Tarian dari Sekar Taman, Tarian Seribu Tangan, Penampilan artis Lokal Bianca Shakila, dan dimeriahkan juga artis Nasional Clarisa Dewi, serta akan ada Pesta Kembang Api.

Tahun, ini diharapkan akan ada 10.000 pengunjung yang akan hadir selama Festival Cheng Ho berlangsung. Informasi mengenai kegiatan ini bisa didapat melalui Instagram Klenteng Agung Sam Poo Kong @wisata.sampookong atau melalui Hastag #FestivalChengHo .

Adapun roundown acara yang akan diselenggarakan:

blank
Roundown acara kegiatan Festival Arak-arakan Cheng Ho 2023.

Claudia