blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) : Festival Arak – Arakan Cheng Ho adalah peringatan atau napak tilas kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu. Acara  yang sudah menjadi agenda tahunan ini dikemas dalam bentuk festival. Masyarakat Semarang sangat antusias menyambut kegiatan ini.

Kegiatan intinya sendiri adalah kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok Pecinan pada hari Sabtu 19 Agustus 2023 menuju Klenteng Sam Poo Kong di kawasaan Gedung Batu. Festival ini dimeriahkan pula dengan berbagai pertunjukan kesenian tradisional.

Terdapat akulturasi perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.Acara ini bertaraf international karena disamping wisatawan lokal akan ada wisatawan mancanegara. Beberapa pertunjukan diantaranya Barongsai Tonggak Naga,Barongsai Damai, Tari tarian dari kelompok sendratari, pesta kembang api, dimeriahkan juga band lokal dan artis nasional Clarisa Dewi.

Perjalanan patung dari Klenteng Tay Kak Sie Gang Lombok menuju Sam Poo Kong sangat dinanti dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.