blank
Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana (kedua dari kiri), memberikan kenang-kenangan kepada pemimpin daerah Pati Raya, dalam rangkaian acara closing ceremony Porprov XVI/2023, di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jumat (11/8/2023) malam. Foto: tim

JEPARA (SUARABARU.ID)– Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI/2023 Jawa Tengah, yang digelar 5-11 Agustus di Pati Raya, secara resmi ditutup Wakil Gubernur Taj Yasin Maemun, di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Jumat (11/8/2023). Upacara Closing Seremony itu, ditandai dengan pemadaman api di kaldron.

”Dengan ucapan Alhamdulillah, saya nyatakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng ditutup,” kata Taj Yasin.

Seusai api padam, tim Paskibra Kabupaten Jepara, menurunkan bendera Porprov dengan iringan ‘Mars Patriot Olahraga’.

BACA JUGA: Keprihatinan dan Gembira saat Sepaktakraw Raih Medali Emas

Bendera kemudian dibawa oleh salah satu anggota Paskibra ke tribun VVIP, yang diterima Wagub, untuk kemudian diserahkan kepada Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng Noegroho Rachmadi.

Sinoeng mewakili kepala daerah Semarang Raya (Kota Semarang, Salatiga, Kabupaten Semarang, Kendal dan Demak), yang memang bakal menjadi tuan rumah Poprov XVII/2026.

Dipilihnya Wali Kota Salatiga sebagai penerima estafet, karena pada saat Raker KONI Jateng di Semarang, September 2022 lalu, Ketua KONI Salatiga, Agus Purwanto, yang pertama kali mengajukan diri menjadi calon tuan rumah. Kemudian dia menggandeng empat kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA: Teka-teki Makam R.M.A.A Sosroningrat, Ayah RA Kartini Diteras Makam Adipati Tjitrosomo

”Tuan Porprov XVII adalah Semarang Raya. Untuk itu, KONI akan mengajukan kepada Gubernur Jateng, untuk ditetapkan dalam surat keputusan,” kata Ketua PB Porprov XVI/2023, Bona Ventura Sulistiana, dalam sambutan penutupannya.

Dia kemudian juga membacakan lima besar peraih medali di ajang ini, yakni Kota Semarang sebagai juara umum dengan 186 emas, 138 perak dan 137 perunggu. Disusul Kabupaten Grobogan (100-80-77), Surakarta (78-72-98), Pati (46-43-69) dan Jepara (44-30-48).

”Kami bersyukur, karena Porprov sukses terselenggara. Karena itu, kami berterima kasih kepada enam tuan rumah yang telah menggelar Porprov dengan baik,” ungkap Bona.

BACA JUGA: Jalur Pendakian Gunung Andong Tutup Sementara

Ketua Umum KONI Jateng itu juga meminta maaf atas kekurangan dalam pelayanan kepada peserta. ”Kami dengan rendah hati meminta maaf atas segalam kekurangan,” lanjut dia.

Upacara penutupan ini, dihadiri Bupati dan Ketua KON se-Pati Raya serta Bupati/ Wali Kota dan Ketua KONI se-Semarang Raya, serta beberapa Ketua KONI dari Jateng. Undangan khusus juga dibberikan kepada Bank Jateng dan Djarum Foundation, yang berperan dalam Poprov, yakni sponsor upacara pembukaan dan bazar UMKM.

Porprov XVI/2023 mempertandingkan 57 cabang olahraga, 70 disiplin dan 853 nomor pertandingan. Sebanyak 853 set medali pun tersebar ke seluruh kabupaten/kota di Jateng, meskipun hanya satu keping emas.

Kabupaten Kudus menjadi penerima medali emas terakhir di perhelatan ini, sebelum dilaksanakannya upacara penutupan. Mereka sukses di cabor sepak bola usai menang 3-1 atas Cilacap. Dan penampilan grup musik dandut koplo Adella, menjadi pemuncak acara closing ceremony ini.

blank

Riyan