blank
Pengamanan konser Ndarboy dilakukan oleh jajaran kepolisian dengan melibatkan prajurit TNI dari Kodim 0728 Wonogiri bersama aparat terkait lainnya.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Konser musik Ndarboy Genk, Sabtu malam (12/8), digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri. Untuk pengamanannya, dilakukan oleh jajaran kepolisian dengan melibatkan personel tentara dan aparat terkait.

Ndar Boy merupakan pria kelahiran Bantul, Yogyakarta. Bernama asli Helarius Daru Indrajaya, Ndarboy Genk, pamornya meroket sejak Lagunya ”Mendung Tanpo Udan” dipakai sebagai back sound Boy Band Korea Selatan NCT Dream. Ndarboy Genk, pria kelahiran Tahun 1993, populer lewat album tembang-tembang Jawa, seperti Mendung Tanpo Udan, Balungan Kere, Wong Sepele, Koyo Jogja Istimewa dan Wayahe Tobat.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Sabtu petang (12/8), memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan di halaman Kantor Bupati Wonogiri. Teknis pengamanan, diawali dengan melakukan razia terhadap massa penonton yang akan masuk ke Alun-alun.

Pemeriksaan dilakukan petugas di semua gerbang masuk ke area Alun-alun. Semua penonton dilarang membawa minuman keras (Miras), obat-obatan terlarang, senjata, termasuk senjata tajam dan barang berbahay yang berpotensi menimbulkan kekacauan.

Pengalihan Arus

Massa penonton juga dilarang mengenakan atribut persilatan, maupun uniform lain yang dapat memicu kemunculan konflik. Anak-anak juga dilarang memasuki area Alun-alun. Ruas jalan di sekitar Alun-alun ditutup dari semua jenis kendaraan. Pengalihan arus lalu lintas, dilakukan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) bersama anggota Satlantas Polres Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, Polres Wonogiri menurunkan sebanyak 300 personel. Jumlah tersebut, belum termasuk bantuan dari prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, aparat dari Dishub dan dari Satpol-PP.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amrillah, dalam pengarahannya saat pelaksanaan apel, minta petugas tampil humanis dengan mengedapkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. ”Yang kita jaga adalah saudara kita, kepada mereka berikan pelayanan yang baik, masyarakat merasa aman dan nyaman,” tegasnya.

Penegasan sama, juga disampaikan Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M Akbar Mekuo. Kepada anggota, diminta cermat dalam melakukan skrining. Patuhi pola pengamanan sebagaimana yang direncanakan, termasuk teknis pengamanan kontijensi. Yakni penyikapan pada keadaan atau situasi yang diprediksi akan terjadi tetapi mungkin juga tidak terjadi.

Bambang Pur