SUARABARU.ID Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula Semarang meraih gelar doktor bidang Ilmu Kedokteran Gigi di UGM Yogyakarta. Dr drg Erdianto Setya Wardhana MH Kes berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Sistem informasi rekam medis elektronik kedokteran gigi: aspek interoperabilitas dan kekuatan pembuktian hukum.

Tim promotor terdiri dari drg Suryono SH MM PhD, Prof Dr Ari Hernawan SH MHum, dan Prof Ir Lukito Edi Nugroho MSc PhD.

Erdianto menjelaskan rekam medis perlu dielaborasi secara elektronik dengan keamanan dan kerahasiaan data yang dijaga. “Rekam medis elektronik sangat bermanfaat untuk penerapan telemedicine, penerapan bioteknologi, dan teknologi kesehatan lainnya. Selain itu rekam medis memiliki fungsi sebagai alat bukti yang sah di pengadilan apabila terjadi permasalahan hukum/sengketa medis,” ungkapnya, Kamis (10/8/2023).

Dari penelitiannya tersebut pihaknya menghasilkan perangkat lunak sistem rekam medis elektronik kedokteran gigi. “Penelitian ini menghasilkan perangkat lunak sistem rekam medis elektronik kedokteran gigi dengan fungsionalitas yang maksimal untuk fasilitas kesehatan kedokteran gigi,” jelas pria kelahiran Jombang, 22 April 1983 tersebut.

Selain itu perangkat lunak tersebut juga memiliki kemampuan interoperabilitas data medis pasien dengan web service API (Application Programming Interface) yang baik. Telah memenuhi aspek keamanan data dan juga memiliki kekuatan pembuktian hukum yang memenuhi syarat lahir, formil dan materiil.

Dengan penelitian tersebut Wakil Ketua Pengurus Organisasi Profesi PDGI Kota Semarang berhasil meraih predikat cumlaude dalam 3 tahun 8 bulan masa studi.