Personel Babinsa bersama Tim dari Koramil, memberikan pelatihan pembinaan dan pembekalan kepada para anggota Linmas tingkat desa.(Dok,Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim dari Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pembekalan dan pelatihan serta pembinaan peningkatan kapasitas para personel Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Desa Sokoboyo. Dalam melakukan pembinaan, Tim melibatkan para personel Babinsa.

Penerangan Kodim (pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, Tim Koramil-22 dipimpin Danramil Kapten (Inf) Prahwoto, dengan mengajak serta Serda Awaludin dan Serda Wahyu sebagai instruktur pelatihan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Tapem Kecamatan Slogohimo, Padmiati, bersama Anggota Polsek Slogohimo serta para Perangkat Desa Sokoboyo. Jumlah Anggota Linmas yang mengikuti pelatihan sebanyak 30 orang.

Materi pelatihan, mencakup pemberian pemahaman dan pengetahuan serta pembekalan pengetahuan wawasan tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Linmas. Utamanya dalam hal untuk senantiasa berperan aktif membantu terciptanya keamanan, ketenteraman dan ketertiban di masyarakat dan pertahanan negara.

Danramil, mengajak kepada seluruh jajaran Linmas untuk meningkatkan kedisiplinan, kesiapsiagaan, serta cepat lapor cepat, ceoat tanggap dalam menyikapi segala perkembangan situasi di wilayahnya. Sehingga keamanan, ketertiban dan ketentraman di wilayahnya dapat terjaga dengan baik.

Pelatihan kepada para Anggota Linmas juga digelar di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Tampil sebagai instruktur, Babinsa Serka Puryanto dari Koramil-20 Kidmantoro Kodim o0728 Wonogiri. Kecuali pemberian pembekalan secara teori, juga dilakukan pelatihan praktik baris-berbaris termasuk tata cara penghormatan. Juga diberikan pelatihan tentang teknis pertolongan kepada korban bencana.

Kepada para peserta pelatihan, diingatkan bahwa Linmas menjadi ujung tombak dalam mewujudkan perlindungan kepada masyarakat. Termasuk dalam menciptakan keamanan, ketenteraman dan ketertiban. Insan Linmas, diseru harus mampu tampil menjadi sosok yang senantiasa mampu memberikan keteladanan di lingkungannya.
Bambang Pur