202 siswa mengikuti wisuda atau pengesahan sebagai warga pencak silat PSHT Cabang Kebumen di Aula SMK Maarif 9 Klirong baru-baru ini.(Foto:SB/Humas PSHT Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kebumen Pusat Madiun resmi mewisuda 202 siswa atau mengesahkan mereka menjadi warga.

Sebelumnya para siswa-siswi ini telah menjalani tahap pelatihan dari prapolos hingga sabuk putih.

Wisuda berlangsung di Aula SMK Maarif 9 Klirong, Kebumen, Minggu (30/7) malam. Hadir Ketua Persaudaraan SH Terate Cabang Kebumen Pusat Madiun Agus Eko Purwono serta Dewan Pengesahan dan pelatih.

Pengurus PSHT Cabang Kebumen dan Dewan Pengesahan bersamsa pelatih di Aula SMK Maarif 9 Klirong.(Foto:SB/Humas PSHT Kbm)

Agus Eko Purwono menjelaskan, para siswa yang mengikuti pengesahan terdiri atas 133 laki-laki dan 69 perempuan. Mereka sebelumnya telah mengikuti latihan dari materi dasar hingga akhir.

‘’Alhamdulillah tahun ini ada 202 siswa yang disahkan menjadi warga baru SH Terate. Mereka merupakan siswa dari seluruh ranting tempat latihan Persaudaraan SH Terate yang ada di Kabupaten Kebumen,’’terang dia.

Melalui momentum tersebut Agus berpesan kepada para warga baru SH Terate agar dapat terus melestarikan bela diri pencak silat yang merupakan warisan budaya bangsa. Termasuk menjaga terus rasa rasa tali persaudaraan yang kuat serta menjadi manusia berbudi luhur, bisa membedakan benar dan salah.

‘’Selama proses lelatihan mereka sudah dididik agar memiliki budi pekerti tahu benar dan salah. Dengan wisuda ini diharapkan setelah pengesahan ini mereka nantinya bisa berguna dan diterima di tengah masyarakat,’’imbuhnya.

Komper Wardopo