Para atlet dan pelatih yang menjadi anggota Kontingen Wonogiri ke Porprov Jateng 2023, foto bersama dengan Wabup Setyo Sukarno dan Ketua DPRD Wonogiri Sriyono serta Sekda Haryono (duduk keempat,, ketiga dan kesatu dari kanan).(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kabupaten Wonogiri, mengirimkan 66 atlet dan 25 pelatih, untuk mengikuti 19 Cabang Olahraga (Cabor) di event Porprov XVI Jateng 2023. Targetnya, membidik perolehan 7 medali emas, 5 perak dan12 perunggu, serta bertekat memperbaiki peringkat dari rangking 25 naik ke urutan 20.

Cabor yang diunggulkan dan berpotensi dapat menyumbang medali bagi Kontingen Kabupaten Wonogiri Wonogiri, terdiri atas judo, jusitsu, karate. tarung drajat, voli pasir, atletik dan wushu.

Sebelum berangkat ke Pati, Kontingen Porprov Kabupaten Wonogiri diberikan pembekalan. Acara pembekalan digelar di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Ikut hadir Wakil Bupati (Wabup) Setyo Sukarno bersama Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono.

Dalam acara pembekalan tersebut, para atlet dan pelatih didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, bersama Kabid Olahraga, Sangga Octa Karisma, dan sejumlah tokoh pembina olahraga di Wonogiri diantaranya pembina atletik, Sarko. yang juga menjabat sebagai Sub Koordinator Olahraga.

Joyo Kusumo

Sesuai jadwal yang telah diagendakan, Porprov Jateng 2023 akan dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sabtu besok sore (5/8). Upacara pembukaannya berlangsung di Stadion Joyo Kusumo, Kabupaten Pati.

Event bergengsi di tingkat regional Jateng ini, akan berlangsung di Pati Raya, mulai Tanggal 5 sampai dengan 11 Agustus 2023 mendatang. Venue pertandingannya menyebar di 6 kabupaten, yakni kabupaten Pati, Jepara, Kudus, Rembang, Blora dan Kabupaten Grobogan.

Kabupaten Pati, disamping dipercaya untuk mengajangi opening ceremony, juga menjadi tempat pertandingan untuk 12 Cabor. Meski acara pembukaan baru akan digelar Sabtu besok (5/8), tapi sejumlah Cabor sudah ada yang dipertandingkan sejak awal.

Misalnya Cabor Senam, sudah mulai dipertandingkan sejak Tanggal 1 Agustus 2023 lalu di Gedung Olahraga (GOR) Pesantenan dan Pati Gymnastics Hall.  Cabor Tarung Drajat, dimulai Tanggal 2 Juli 2023 di SMA Negeri 2 Pati. Kemudian Cabor Sepatu Roda, dimulai Tanggal 2 Agustus di Stadion Joyo Kusumo.
Bambang Pur