blank
Personel TNI-Polri di Kabupaten Wonogiri, giat memberikan pelatihan secara intensif kepada para siswa yang dipersiapkan jadi Paskibra.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI-Polri di Kabupaten Wonogiri, giat melatih para siswa dari berbagai sekolah yang disiapkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Ini dilakukan, dalam mempersiapkan upacara HUT Ke-78 peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2023 akan digelar serentak. Untuk tingkat kabupaten, akan menampilkan inspektur upacara Bupati. Kemudian di tingkat kecamatan, inspektur upacaranya para Camat.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, sebagaimana dilakukan di Kecamatan Eromoko misalnya, pelatihan Paskibra dilakukan oleh anggota TNI dari Koramil-12 bersama personel dari Polsek Eromoko. Yakni Sertu Leo dan Sertu Wahyudi, bersama Aiptu Widodo, Aiptu Supiyanti dan Bripda Agus.

Melalui Pendim 0728 Wonogiri, Danramil-12 Eromoko Kapten (Inf) Budi Raharja, menyatakan, personel Paskibra yang disiapkan sebanyak 44 siswa. Mereka direkrut dari sejumlah sekolah jenjang SLTA di wilayah Kecamatan Eromoko.

Kepada mereka, dilatih secara intensif tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB). Termasuk pembinaan karakter dan penanaman sikap disiplin, nilai-nilai kejuangan, semangat kebangsaan dan patriotisme.

Di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Sertu Lasto dari Koramil-14 tampil menjadi pimpinan pelatihan. Untuk tingkat Kabupaten Wonogiri, pelatihan ditangani oleh personel dari Kodim 0728 bersama anggota Polres Wonogiri, dengan melibatkan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Wonogiri.

Rencananya, para personel Paskibra akan dilakukan pengukuhan Rabu (16/8). Untuk Paskibra tingkat kabupaten akan dikukuhkan Bupati. Kemudian Paskibra di tingkat kecamatan, masing-masing akan dikukuhkan Camat setempat.
Bambang Pur