blank
Tim 2 KKN Undip di Desa Larikan, Doro, Pekalongan berfoto bersama para guru SDN 5 Larikan. Foto: Bintang

PEKALONGAN (SUARA BARU.ID)- KKN Tim 2 Universitas Diponegoro di Desa Larikan Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan memberikan pengetahuan tentang pengembangan penulisan karya sastra kepada anak didik kelas 5 SD Negeri Larikan.

Menurut Glayen, Koordinator Desa KKN TIM 2 Undip di Larikan, kegiatan yang telah dilakukan tersebut ialah sebuah cara memberikan pengetahuan terhadap pengembangan karya sastra dikalangan pelajar sekolah dasar.

“Sangat penting untuk dibina karena pada tingkat SD bakat-bakat yang dipunya oleh sang anak terhadap penulisan harus diarahkan dan diapresiakan guna menyalurkan juga hobi yang dimiliki” ujarnya, Rabu 2 Agustus 2023.

Menurut Bintang, seorang anggota TIM KKN di Larikan, selama ini peserta didik kelas 5 SDN Larikan memiliki ragam potensi bakat menuliskan karya sastra. Maka, kata Bintang, siswa-siswi kelas 5 SDN Larikan diajak untuk mengembangkan penulisan karya sastra tersebut.

“Kegiatan pengembangan penulisan karya sastra ialah sebagai pemantik rasa semangat anak untuk giat mengembangkan potensi mereka itu,” ujar Bintang yang memberikan paparan tentang materi ini.

Pada saat itu juga Bintang memberikan bantuan kepada SDN Larikan berupa beberapa buku koleksi cerita anak yang diterima oleh Kepala Sekolah SDN Larikan.

blank

Bintang sedang menyampaikan paparan tentang pengembangan penulisan sastra di depan siswa SDN 5 Larikan. Foto: Dok Tim KKN

Baca juga Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga tentang Kemasan Produk Sabun Cuci Piring

“Pemberian beberapa jumlah buku koleksi sastra anak sebagai bentuk nyata atas kepedulian terhadap semangat baca dan menuliskan karya sastra bagi peserta didik,” kata Bintang.

Kepala SD Negeri 5 Larikan Mulyati mengaku senang dan berterima kasih atas kehadiran Tim KKN 2 Undip yang memberikan materi kepada peserta didik kelas 5 SD

“Kami dari SDN Larikan sangat senang dan juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kedatangan Tim KKN 2 Undip yang memberikan pengetahuan yang baru kepada anak didik kami dan kami juga memohon maaf apabila ada perlakuan dan tingkah laku yang kurang dari anak didik kami,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya program monodisiplin Tim 2 KKN Undip tersebut semakin banyak peserta didik yang bersemangat untuk menciptakan berbagai karya sastra anak pada ke depannya.

B Raphael Cornelius