blank
Ilustrasi telur sunshine egg. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Telur setengah matang merupakan salah satu makanan yang dianjurkan jika ingin membentuk otot karena kaya akan asam amino yang merupakan sumber energi yang lebih baik. Telur setengah matang juga mengandung lebih banyak lemak tak jenuh daripada yang lemak jenuh.

Selain itu, telur setengah matang termasuk sumber biotin yang baik, yang merupakan nutrisi penting dalam metabolisme lemak dan gula. Ini juga dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H.

Sebagian orang mungkin lebih suka dengan telur setengah matang. Kabar baiknya, telur setengah matang juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, loh.

Baca Juga: Membuat Kenyang Lebih Lama, ini 5 Manfaat Telur bagi Kesehatan

Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 5 manfaat telur setengah matang bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu meningkatkan massa otot

Salah satu manfaat telur setengah matang yang paling terkenal adalah untuk meningkatkan massa otot. Manfaat ini diperoleh berkat tingginya kandungan protein pada telur. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu bisa mengkonsumsi telur rebus setengah matang.

Agar hasilnya lebih maksimal, jangan malas untuk berolahraga. Jenis olahraga yang disarankan adalah angkat beban.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Tak hanya baik untuk kesehatan otot, telur setengah matang juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Manfaat ini berasal dari adanya kandungan protein dan vitamin D yang mampu menguatkan tulang.

Baca Juga: Asupan Gizi Baduta via Sedekah Telur Bisa Cegah Stunting di Blora

Namun, mengkonsumsi telur setengah matang tanpa diimbangi dengan rutin melakukan olahraga hasilnya tidak akan maksimal. Jadi, tetaplah rajin berolahraga agar tulang dan otot kamu lebih sehat dan kuat.

3.Mencegah penyakit jantung

Telur setengah matang memiliki kadar HDL atau kolesterol baik yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Meskipun diketahui bahwa telur memiliki khasiat baik untuk jantung, namun disarankan untuk tetap membatasi konsumsi kuning telur, karena berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat mengkonsumsi telur setengah matang yang selanjutnya adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Khasiat ini berasal dari adanya kandungan omega-3 pada telur.

Baca Juga: Taukah Kamu? Ini 3 Pebedaan Antara Putih dan Kuning Telur

Untuk mendapatkan khasiat dari telur setengah matang yang satu ini, kamu bisa memilih telur dengan kualitas terbaik yang kaya akan omega-3. Kamu bisa mendapatkan telur berkualitas ini di supermarket terdekat.

5. Memelihara kesehatan mata

Bagi yang tidak suka dengan wortel, kamu bisa menjaga kesehatan mata dengan cara mengkonsumsi telur setengah matang. Ini berkat adanya kandungan lutenin dan zeaxanthin yang terdapat pada telur.

Diketahui bahwa kedua kandungan tersebut mampu mengurangi risiko penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi manula.

Nah, itulah 5 manfaat telur setengah matang bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat!

Claudia