blank
Sepak bola, salah satu olahraga yang dilombakan dalam gelaran Porka di Yogyakarta. Foto: Dok/KAI

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – PT KAI kembali menggelar Pekan Olahraga Kereta Api (Porka) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta, Karang Malang Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan yang berlangsung mulai 31 Juli hingga 4 Agustus 2023 ini merupakan even rutin 2 tahunan, dimana sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Sementara itu pagelaran Porka terakhir dilaksanakan di Bandung pada tahun 2018.

“Kegiatan Porka 2023 dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai budaya AKHLAK, menjalin silaturahmi, menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas, serta mengasah bakat pekerja di bidang olahraga di lingkungan KAI Group,” kata Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, Senin (31/7/2023).

Dalam event olahraga ini diikuti oleh 1.138 atlet dari 15 kontigen yang terdiri dari 9 daerah operasi (Daop) di Pulau Jawa, 4 Divisi Regional (Divre) di Sumatera, Kantor Pusat KAI dan 1 kontigen dari gabungan anak perusahaan KAI.

Kegiatan pertandingan olahraga yang mengusung tema “Dengan Semangat Bersatu Menuju KAI Baru untuk Indonesia Maju“, mempertandingkan 8 cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya Bulu Tangkis, Bola Voli, Sepak Bola, Tenis Meja, Basket, Futsal, Tenis Lapangan dan E-Sport.

Didiek menjelaskan, olahraga memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menginspirasi, menyatukan, dan menciptakan ikatan diantara pegawai KAI. Melalui olahraga, pegawai KAI dapat mengeksplorasi batas kemampuan diri, menghormati perbedaan satu sama lain, dan mendorong semangat kerja sama serta persaudaraan.

KAI selalu berperan aktif dalam membantu perkembangan dunia olahraga nasional melalui bantuan CSR berupa bantuan alat-alat olahraga kepada masyarakat di sekitar jalur KA, serta melaksanakan program pemberian pembinaan bagi para atlet nasional yang berprestasi dalam bidang angkat besi dan atletik.

Pada acara seremonial opening Porka 2023, selain menghadirkan parade para peserta atlet dari 8 cabang olahraga yang akan ikut berlomba, juga ikut meramaikan performer dari Marching Band Locomotive sebagai marching band juara Grand Prix Marching Band (GPMB) tahun 2016 dan 2017. Sementara itu seremonial ditutup dengan penampilan guest star dari Band Kotak.

“Pada setiap cabang olahraga ditetapkan juara I, II, III dan juara umum. Setiap juara akan menerima piala, sertifikat dan uang pembinaan, serta piala bergilir untuk juara umum,” pungkas Didiek.

Ning S