blank
Kansar Cilacap melakukan pencarian delapan orang yang terjebak di penambangan emas di Kawasan Pertambangan Rakyat Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto: Dok/Kansar Cilacap

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor SAR Semarang siagakan personil, untuk memperkuat operasi SAR yang tengah dilaksanakan oleh Kantor SAR (Kansar) Cilacap terhadap pencarian delapan orang yang masih terjebak di penambangan emas yang terjadi di Kawasan Pertambangan Rakyat Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Seluruh rescuer baik yang di kantor maupun yang di Pos SAR Wonosobo dan Unit Siaga SAR Borobudur kami siagakan, agar sewaktu-waktu diberangkatan untuk memperkuat pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan oleh Kansar Cilacap,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Kamis (27/7/2023).

Diketahui sebelumnya, delapan orang penambang emas terjebak di dalam penambangan di Kawasan Pertambangan Rakyat Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu (26/7/2023).

Menurut Humas Kansar Cilacap, Syaiful, pada hari Selasa (25/7) sekira pukul 23.00 WIB, sebanyak delapan orang sedang melakukan pengeboran dengan diameter kurang lebih 80 cm di pertambangan emas tersebut.

Kira-kira sampai di kedalaman antara 50-60 meter, tiba-tiba sumber air muncul dan menggenangi sumur pengeboran, hingga kedelapan orang tersebut terjebak di dalam pengeboran.

“Dengan adanya informasi yang didapatkan pada Rabu (26/7), kami memberangkatkan rescuer dari Kantor SAR Cilacap dan USS (Unit Siaga SAR) Banyumas masing-masing satu tim untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan, guna menyelamatkan para penambang yang terjebak di bawah tanah,” kata Adah Sudarsa, selaku Kepala Kantor SAR Cilacap.

Sementara itu identitas survivor yang masih dalam pencarian antara lain:

1. Cecep Suriyana (29) asal Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor
2. Rama Abd Rohman (38) asal Desa Cisarua Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor
3. Ajat (29) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor
4. Mad Kholis (32) asal Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor
5. Marmumin (32) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor
6. Muhidin (44) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor
7. Jumadi (33) asal desa Cisarua Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor
8. Mulyadi (40) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor

Ning S