blank
Tiga pemain kunci Timnas Indonesia, Pratama Arhan, Witan Sulaeman dan Marcelino Ferdinan, siap dimainkan pelatih Shin Tae-yong. Foto: pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Timnas Indonesia akan melawan Brunei Darussalam, pada laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga kedua tim akan digelar pada tanggal 12 dan 17 Oktober 2023, dengan sistem kandang dan tandang.

Kepastian ini muncul, seusai drawing yang dilakukan di Kantor Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/7/2023). Skuad Garuda akan lebih dahulu menjamu Brunei Darussalam, pada 12 Oktober mendatang. Selanjutnya, giliran Timnas Indonesia dijamu Brunei pada 17 Oktober mendatang.

Timnas Indonesia harus menjalani babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, karena berada di peringkat ke-28 ranking FIFA level Asia. Di mana peringkat ke-27 dan 46 ranking FIFA level Asia, harus melakoni fase ini.

BACA JUGA: Kabar Buruk untuk PSIS, Carlos Fortes dan Boubakary Diarra Dilarang Bertanding

Dalam undian itu, Indonesia berada di Pot 1 bersama Hong Kong, Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanamr, Nepal, dan Kamboja.

Nantinya, 10 pemenang babak pertama, akan melenggang ke babak kedua untuk bergabung dengan 26 tim yang lolos langsung. Total 36 tim dipecah dalam sembilan grup, yang terdiri masing-masing empat tim.

Kemudian 18 tim yang terdiri dari pemenang dan runner-up grup, akan lolos ke babak ketiga. Pada fase ini, akan ada tiga grup yang berisi enam tim, untuk berlaga secara home and away round robin.

BACA JUGA: Inspirasi Perjuangan Mbah Moen dan Nyai Hajar Dewantara untuk Perempuan Pengasuh Ponpes

Pada babak keempat, enam tim yang lolos ke babak ketiga, akan dibagi dalam dua grup, masing-masing tiga tim, untuk tampil dalam pertandingan dengan sistem round robin. Pemenang grup, otomatis akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Bagi para runner up grup, mereka akan menjalani babak kelima kualifikasi, menghadapi negara dari konfederasi lain dalam play off.

Riyan