Kadisnakertrans Grobogan menyalami peserta yang lolos. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Calon peserta magang kerja di Jepang menjalani tes ketahanan fisik di Stadion Krida Baktu, Purwodadi, Grobogan, Rabu 26 Juli 2023.

Sebanyak 248 calon peserta magan kerja di Jepang menjalani tes fisik yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Grobogan bersama IM Jepang. “Pelaksanaan tes ketahanan fisik adalah tes seleksi ketiga, setelah sebelumnya para peserta mengikuti tes kesamaptaan,” kata Kepala Disnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo.

Teguh Harjokusumo menjelaskan, 248 peserta yang ikut tes ketahanan fisik ini adalah yang lolos tes kesamaptaan pada Selasa, 25 Juli 2023.

“Hari ini ada 248 peserta yang ikut tes ketahanan fisik. Para peserta mengikuti tes seperti lari tiga kali putaran lapangan dengan waktu 15 menit, push up, sit up dan beberapa tes fisik lainnya,” jelas Teguh Harjokusumo.

Teguh menjelaskan, tes ketahanan fisik ini adalah untuk melihat seberapa jauh kekuatan fisik mereka sebelum berangkat magang ke Jepang.

“Mereka harus dites secara fisiknya dulu. Untuk pemeriksaan kesehatan, kita melibatkan juga tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Grobogan,” ujar Teguh.

Peserta Pingsan

Dalam tes ketahanan fisik, terlihat beberapa peserta pingsan. Tim Kesehatan langsung menuju tempat peserta yang pingsan dan membawa ke pinggir lapangan.

Tim medis memberikan pertolongan dengan pemberian oksigen untuk para peserta yang baru satu atau dua kali putaran saat lari. “Mereka pingsan karena secara fisik belum siap untuk lari atau terlalu dipaksakan. Maka dari itu, untuk meminimalisir agar tidak pingsan, maka harus diperlukan lebih keras lagi dalam berlatih,” tambah Teguh.

Teguh juga menjelaskan, dari 248 peserta yang ikut dalam tes ketahanan fisik ini, tiga di antaranya terdeteksi tensi tinggi.

Mereka tidak dapat meneruskan langkah ke tahapan tes kesehatan fisik. Meski demikian, Teguh menjelaskan, dirinya tetap memotivasi mereka yang gugur untuk bisa mencoba di lain waktu.