blank
Tanaman hias berdaun ungu Calathea prayer plant. Foto: Pixels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman hias tidah hanya berwarna daun hijau, ada pula merah muda, kuning, biru bahkan ungu. Dalam mendekorasi ruangan yang ada rumah, kita perlu memadupadankan warna dinding dan warna dari tanaman hias yang akan kita gunakan supaya tidak berbenturan sehingga dapat menciptakan suasana baru yang segar dan cantik dipandang.

Misalnya, jika kamu ingin memadupadankan dinding warna putih di rumah, maka tanaman hias warna ungu akan sangat cocok menghiasi ruangan tersebut.

Nah, berikut rekomendasi tanaman hias dengan corak daun warna keunguan yang dilansir dari Suara.com untuk memperindah rumah kamu.

1. Samber lilin

Strobilanthes dyerianus atau lebih dikenal dengan nama samber lilin maupun persian shield. Tanaman ini memiliki corak daun berwarna ungu berpadu hitam yang unik.

Samber lilin memiliki dua nuansa warna ungu, yaitu ungu muda dan ungu tua. Yang menarik dari tanaman adalah warna hitam yang seolah melebur dengan warna ungu dan menjadikannya begitu cantik untuk dihadirkan di dalam rumah.

Perawatannya pun cukup mudah, samber lilin memerlukan sinar matahari selama beberapa jam sehari. Jika terlalu lama dijemur maka akan berpengaruh pada warna daunnya yang bisa berubah menjadi lebih pucat. Selain itu, media tanam juga harus diperhatikan agar tetap lembap, namun tak terlalu basah.

2. Zebrakraut

Tanaman dari genus tradescantia ini memiliki daun berwarna ungu yang cantik. Tanaman ini memiliki beberapa nama lain seperti zebrakraut, silvery wandering jew, atau tradescantia silver.

Daunnya yang berwarna ungu, hitam dan putih ini sekilas terlihat seperti goresan cat pada kanvas, artistik dan cantik. Tumbuhan ini cocok ditanam di pot gantung balkon rumah maupun pekarangan karena tumbuhan ini cenderung menjalar.

3. Calathea prayer plant

Calathea picturata varietas crimson atau prayer plant merupakan tanaman hias dengan penampilan yang unik. Calathea memiliki corak dengan warna yang beragam. Karena itulah, calathea disukai banyak orang.

Tanaman calathea jenis ini memiliki daun lebar dengan warna ungu dan coklat gelap yang cantik. Coraknya yang berwarna putih terlihat seperti aliran air di sungi yang indah. Ketika malam tiba, daun calathea akan menguncup seperti tangan yang sedang berdoa. Itulah sebabnya, tanaman ini dijuluki prayer plant.

Calathea menyukai cahaya matahari berlimpah, suhu hangat dan kelembapan tidak langsung. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di meja kerja yang dekat dengan jendela terbuka.

4. Purple knight

Sama seperti zebrakraut, tanaman ini memiliki banyak nama, seperti erva merah, erva kuncir, bayam hias merah, purple knight atau purple prince. Tanaman hias ini berasal dari genus Alternanthera yang termasuk suku bayam-bayaman (Amaranthaceae).

Purple knight memiliki daun lancip dengan warna merah keunguan ayng menawan dan cocok dihadirkan di rumah.

5. Begonia rex ungu

Ada banyak variasi begonia rex. Mulai dari cokelat, merah, ungu, gradasi hijau, pink sampai hitam.

Daun berbentuk oval dengan tepian bergerigi dan permukaan berbulu serta teksur yang seperti mengembang ini menyukai tempat teduh. Meski begitu begonia tergolong tanaman yang mudah dirawat sehingga cocok sebagai dekorasi ruangan rumah.

Itulah rekomendari tanaman hias berwarna ungu untuk dekorasi rumah, Selamat berburu tanaman hias.

Claudia