blank
Ganjar saat melantik 14.505 ASN di lingkup Pemprov Jateng. Foto: hms,

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 14.505 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dilantik Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di GOR Jatidiri, Semarang, Senin (24/7/2023).

Dalam pelantikan itu dia menegaskan, agar para ASN itu melayani masyarakat dengan baik, dan memegang teguh pakta integritas yang telah ditandatangani.

”Kami ada pelantikan fungsional dan ada PPPK. Saya pesankan kepada mereka, bagaimana melayani masyarakat dengan baik, dan jaga integritas,” pesan Ganjar.

BACA JUGA: Baznas Jateng dan Pusat Bantu Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Belasan ribu ASN itu terdiri atas 991 PNS formasi tahun 2021, 8.998 PPPK formasi 2021, dan 4.515 PPPK formasi tahun 2022. Khusus untuk PPPK formasi tahun 2022 terdiri dari 4.278 tenaga fungsional guru, 138 tenaga fungsional teknis, dan 99 tenaga fungsional kesehatan.

”Karena sebagian besar guru, maka saya sampaikan jaga integritas. Didik anak kita dengan baik, kemudian layani dengan baik. Para guru ini kita minta untuk mendorong anak-anak dipersiapkan menjadi generasi yang siap menyambut Indonesia Emas. Itu menjadi tantangan yang lebih besar,” lanjutnya.

Disampaikan juga, pakta integritas yang ditandatangani merupakan pegangan bagi semua ASN. Sebab, di sana tertulis harus setia kepada Pancasila, NKRI, dan Undang Undang Dasar 1945. Juga tidak boleh korupsi dan berafiliasi dengan organisasi yang dilarang atau bertentangan dengan Pancasila.

BACA JUGA: 791 Warga Kota Tegal Alami Gangguan Jiwa

blank
Sejumlah ASN Pemprov Jateng berebut berfoto bersama Ganjar, usai pelantikan. Foto: hms

”Awas, ada pakta integritas. Itu saya ingatkan, agar mereka konsentrasi betul pada pelayanan masyarakat, dan bagaimana kemudian bisa mengembangkan diri,” tutur Ganjar.

Ditambahkan dia, selama ini komunikasi dengan Kementerian PAN-RB terus dilakukan. Khususnya terkait rekruitmen ASN, sebab masih banyak orang yang merasa memenuhi syarat tapi belum bisa mendapatkan alokasi.

”Di sisi lain, ini belum selesai. Karena masih banyak yang merasa, mereka memenuhi syarat tapi belum mendapatkan alokasinya. Ini yang kita bicarakan terus sampai hari ini dengan Menpan-RB. Saya senang, karena Menpan-RB juga sering komunikasi dengan saya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Awas El Nino Berdampak pada Kesehatan, Hati-Hati Kaum Lansia dan Anak-Anak

Para ASN juga harus mengingat, untuk mencapai posisinya saat ini, telah melalui perjuangan yang panjang. Sehingga jangan sampai mencederai perjuangan itu dengan berbuat yang melanggar aturan.

”Ini juga bagian dari perjuangan kawan-kawan PPPK, yang merasa mereka memenuhi syarat tapi belum bisa masuk,” pungkas Ganjar.

Riyan