blank
Ilustrasi daun pohpohan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUABARAU.ID)- Daun Pohpohan merupakan sebuah tanaman Urticaceae Pilea yang tersebar di Vietnam, Taiwan, India, Indonesia, Sri Lanka dan daratan Tiongkok. Di Indonesia seringkali dijumpai jenis-jenis dedaunan non-sayuran yang seringkali dikonsumsi sebagai makanan ataupun obat-obatan.

Mungkin bagi sebagian orang sudah cukup terkenal dengan daun kemangi atau daun kelor yang seringkali dimakan sebagai pelengkap makanan atau istilahnya lalapan. Dua jenis daun tersebut memang cukup lazim dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tanaman ini juga memiliki efek antidiabetes, terutama saat dikonsumsi secara rutin. Daun pohpohan dipercaya mampu membantu dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah, sehingga kemungkinan mengidap diabetes bisa diturunkan dengan cara merebus dan meminum tanaman ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan, Apa Saja? Simak!

Khasiat selanjutnya yang bisa didapatkan dari daun pohpohan adalah mengurangi risiko osteoporosis. Pengeroposan tulang dapat dicegah berkat kandungan kalsium dan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada salah satu daun lain yang juga cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai lalapan? daun yang dimaksudkan kali ini adalah daun pohpohan atau yang memiliki nama ilmiah Pilea melastomoides.

Daun ini seringkali dikonsumsi sebagai lalapan, terutama oleh masyarakat Sunda. Daun pohpohan sendiri terkenal memiliki citarasa yang cukup segar ketika disantap sebagai lalapan.

Baca Juga: Terkenal dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya

Akan tetapi, ternyata daun ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang tentunya baik bagi tubuh. Berikut ini 3 manfaat dari mengkonsumsi daun pohpohan.

1. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Satu dari sekian banyak manfaat dari mengkonsumsi daun pohpohan adalah dipercaya dapat mengurangi resiko terkenal osteoporosis atau pengeroposan lapisan tulang. Melansir dari situs Halodoc, daun pohpohan memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh.

Seperti yang diketahui mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi secara teratur tentunya dapat menghindarkan resiko dari terkena osteoporosis atau pengeroposan lapisan tulang. Kandungan kalsium dalam daun pohpohan sendiri tergolong cukup tinggi, yakni setiap 100 gram daun pohpohan mengandung sekitar 744 mg kalsium.

Baca Juga:Minimalisir Penggunaan Plastik, DDV Ajak Warga Gunakan Kemasan Daun Jati dan Besek

2. Mencegah Radikal Bebas

Daun pohpohan juga dikenal memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas. Melansir dari situs Hellosehat, daun pohpohan terkenal memiliki kandungan flavonoid yang memiliki manfaat antioksidan dan juga bersifat anti bakteri.

Kandungan flavonoid yang berada di daun pohpohan juga dapat mencegah resiko aktifnya sel kanker dalam tubuh seseorang. Untuk mendapatkan manfaat ini seseorang dianjurkan mengkonsumsi daun pohpohan setiap 2-3 hari selama seminggu agar sistem tubuh dapat menyerap kandungan antioksidan dalam tubuh secara lebih maksimal.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah atau Anti-Diabetes

Salah satu manfaat mengkonsumsi daun pohpohan adalah dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan dapat menurunkan resiko diabetes. Hal ini dikarenakan senyawa flavonoid dan beberapa mineral lainnya di dalam daun pohpohan dapat berperan sebagai senyawa anti-diabetes.

Baca Juga: Mau Bikin Sate Sapi Empuk Pakai Daun Pepaya? Simak Resep di Bawah Ini!

Daun pohpohan juga dapat meningkatkan produksi insulin dalam diri yang tentunya berguna untuk melawan resiko diabetes. Umumnya orang-orang yang terkena diabetes atau ingin terhindar dari resiko diabetes akan merebus daun pohpohan dan meminum airnya secara rutin dalam beberapa hari.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi daun pohpohan untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi, daun pohpohan juga dipercaya sebagai salah satu obat tradisional dalam mengurangi efek dari luka bakar pada tubuh. Daun yang mungkin tidak terlalu sering terlihat dikonsumsi tersebut memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh seseorang.

Claudia