Peserta perkemahan khidmah ikuti Nafa bersholawat

JEPARA (SUARABARU.ID) – ” Jiwa Pramuka harus terus tumbuh dan berkembang dalam sanubari generasi ke generasi karena bisa menjadi aset pembangunan.” Demikian disampaikan Kamabigus 06.133/06.134 MTs Nahdlatul Fata, Kak Subekhan saat memberi amanat dalam perkemahan Alih Tingkat siaga-penggalang di MTs Nafa Petekeyan pada hari Senin, 17 Juli 2023.

Pramuka yang dicitrakan sebagai sosok pemuda yang berkarya, tangguh, disiplin, bertanggung jawab, dedikatif, inovatif, dan kreatif, bukanlah generasi instant yang terbentuk begitu saja. Namun dibutuhkan latihan yang terprogram, kontinyu, dan tempaan lewat berbagai lomba sehingga terbentuk mental juara.

H. Nur Khandir buka acara Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan

Untuk mewujudkan jiwa Pramuka tersebut beragam kegiatan digelar dalam event Perkemahan Alih Tingkat siaga-penggalang di MTs Nafa Petekeyan.

Arif Amiruddin, pembina Pramuka MTs Nafa menuturkan bahwa pelantikan Siaga-penggalang merupakan pintu gerbang yang harus dilewati Pramuka siaga setelah melalui ujian kecakapan tertentu.

” Setelah adik-adik dilantik menjadi penggalang kami harap terus cintai pramuka, jiwai dan amalkan dasa dharma dan Tri Satya yang menjadi komitmen anak-anak Pramuka.” pesannya.

Peserta perkemahan antusias saksikan atraksi PS Pagar Nusa

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara Orientasi Siswa Nahdlatul Fata ( Osnafa) atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) juga diisi berbagai atraksi dan pentas seni, antara lain atraksi Pencak Silat Pagar Nusa yang menampilkan beberapa jurus, hadlroh El-Fata dengan beberapa sholawat andalannya.

Sementara di jenjang MA digelar acara Prisma ( Pekan orientasi Siswa Nahdlatul Fata) sekaligus Penerimaan Tamu Ambalan Ki Ageng Abdillah-Raden Ayu Kemuning.

H. Nur Khandir, Kamabigus MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan saat membuka acara berpesan agar siswa-siswi baru segera beradaptasi dan mengikuti jejak kakak-kakak kelasnya. ” Adik-adik adalah calon pemimpin masa depan, asah skill, keterampilan, dan kepemimpinan kalian. Ikuti jejak kakak-kakak kalian yang telah mengukir berbagai prestasi, antara lain sukses mengantarkan Sako Ma’arif Jepara sebagai juara umum Persimanu I Jawa Tengah. Bulan Agustus nanti, Shoma dan Diana akan mengikuti event nasional, yakni Raimuna Nasional di Cibubur Jakarta,” papar H. Nur Khandir.

H. Nur Khandir buka acara Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan

Hariyanto, pembina Pramuka MA NU Nahdlatul Fata menuturkan bahwa latihan yang terprogram dan kontinyu menjadi salah satu kunci keberhasilan pembinaan Pramuka. Disamping itu, pembina Pramuka perlu update informasi, regulasi, dan mengikuti perkembangan kepramukaan.

Ilmu meringankan tubuh, atraksi PS Pagar Nusa

Pembina Pramuka yang baru saja mengikuti Perkemahan Karang Pamitran Nasional di Cibubur ini mengingatkan kepada peserta agar tekun berlatih, rajin baca, dan selalu update terhadap dinamika kepramukaan.

Hadepe – Sub