Ganjar Pranowo hadiri Rakernas Apeksi di Makassar, sebagai salah satu pembicara. Ganjar (tengah), didampingi Firman Jaya Daeli (kanan), dalam sebuah momen kebersamaan. Foto: fjd

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, hadir di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Kehadiran gubernur yang khas dengan rambut putihnya itu, untuk menyampaikan pemikiran dan pandangannya, tentang pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Disampaikan Ganjar, pihaknya memberikan apresiasinya atas semua kegiatan yang telah dijalankan Apeksi. Terutama untuk bergotongroyong membangun dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA: Bersama Warga, TNI-Polri Kerja Bakti Bersihkan TPU Wonodadi

Menurut dia, pembangunan yang sedang berjalan ini, sudah sepatutnya terus dikembangkan untuk kemakmuran bangsa. Proyek-proyek infrastruktur yang telah dibangun bisa memberikan dampak yang bagus bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

”Infrastruktur yang dibangun Presiden Jokowi mesti bisa dibereskan dan dituntaskan. Dari seluruh infrastruktur yang ada, mesti menghasilkan nilai tambah,” jelasnya.

Meski demikian, Ganjar menyebut, ada pekerjaan rumah yang belum dapat dituntaskan, seperti permasalahan di bidang ekonomi. ”Terkhusus PR besar kita hari ini adalah problem ekonomi,” terangnya.

BACA JUGA: Entaskan Stunting, Inovasi Mie Ikan Kembung Lebih Kaya Gizi

Kegiatan Ganjar setelah menjadi salah satu pembicara Rakernas, berlanjut dengan berwisata kuliner khas Sulsel. Turut mendampingi dan menemani antara lain Walikota Makassar Danny Pomanto, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli.

Pada kesempatan itu, Firman Jaya Daeli menyatakan, relevansi pemikiran dan penampilan Ganjar Pranowo, sesuai dengan kebijakan Apeksi. Menurut dia, Apeksi pada dasarnya mengharapkan dan membutuhkan pemikiran ideologis strategis, dan perhatian serius serta sungguh-sungguh, untuk membantu membangun dan memajukan Indonesia.

”Pembangunan dan pemajuan itu pada gilirannya berhubungan erat kebangkitan bangsa. Dalam konteks dan kerangka relasi itu, apa yang disampaikan Ganjar sudah sangat terarah,” tukas dia.

Riyan