blank
Ilustrasi. Foto: icw

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Keputusan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mencopot Kepala SMKN 1 Sale di Kabupaten Rembang, karena menarik pungutan liar (pungli) berkedok infak dari siswa, diapresiasi banyak pihak. Ganjar dianggap tegas dan tak pandang bulu, dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani.

Hal itu dikatakan mantan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/7/2023). Diungkapkannya, apa yang dilakukan Ganjar patut dicontoh kepala daerah di seluruh Indonesia.

”Korupsi itu musuh bersama. Dan dalam pemberantasan korupsi, memang harus dilakukan dengan keras, tegas dan tanpa pandang bulu,” katanya.

BACA JUGA: Fokal IMM Harus Ambil Peran Alternatif

Adnan menjelaskan, selama ini ketegasan dalam pemberantasan korupsi hanya dilakukan oleh aparat penegak hukum. Sedangkan peran masyarakat sipil, khususnya kepala daerah, masih minim.

Kebanyakan kepala daerah justru “melindungi” anak buahnya yang terlibat kasus korupsi. Karena mereka khawatir, ketika kasus itu diangkat, akan merembet pada dirinya.

”Tapi Ganjar tidak begitu. Dia benar-benar konsisten mewujudkan pemerintahan yang bersih dan good government,” tegasnya.

BACA JUGA: BEM Fakultas Psikologi USM Akan Gelar Psychoforia 2023

Menurut dia, apa yang dilakukan Ganjar bukan sekadar pencitraan untuk kepentingannya maju sebagai Capres 2024. Disebutkan Adnan, Ganjar sudah melakukan itu sejak lama, dan memang konsisten terkait pemberantasan korupsi.

”Terlepas Ganjar mau nyapres atau tidak, tapi ini soal tanggung jawab moral yang dilakukannya. Dan seharusnya, semua aparat pemerintahan memiliki tanggung jawab moral seperti itu,” ucapnya.

Dari track record Ganjar, bukan kali ini saja dia menindak tegas bawahannya yang terlibat kasus korupsi.

BACA JUGA: Kapolda Jateng Pimpin Bersih-bersih Sampah di Pantai Tirang

”Tindakan Ganjar sudah seharusnya diapresiasi dan dicontoh kepala daerah lain, yang saat ini masih banyak melindungi praktik kotor anak buahnya. Ketegasan Ganjar soal kasus korupsi dengan mencopot anak buahnya, menunjukkan jika Ganjar pemimpin bersih. Makanya dia keras, tegas dan tidak pandang bulu,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo mencopot Kepala SMKN 1 Sale Rembang, karena terbukti melakukan pungli. Tindakan itu diambil, usai mendapat laporan siswa yang mengatakan, selalu dimintai iuran sekolah dengan alasan infak, saat kenaikan kelas.

Riyan