blank
Ilustrasi bumbu dapur. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bumbu atau bumbu dapur merupakan zat yang umumnya berasal dari tanaman beraroma yang ditambahkan pada masakan yang bertujuan untuk menyedapkan makanan. Bumbu memiliki sifat basah, sehingga tidak dapat bertahan atau disimpan lama, lain halnya dengan rempah yang bersifat cenderung kering.

Kegunaan utama bumbu dan rempah-rempah dalam pengolahan makanan tentunya memberikan warna, rasa, dan aroma yang sedap pada masakan Indonesia. Walaupun bahannya sama, dengan formulasi bumbu yang berbeda, cita rasa masakan yang dihasilkan bisa beragam.

Tahukah kamu, selain dapat menambah cita rasa masakan, ada berbagai bumbu dapur yang punya manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan umumnya diperoleh dari berbagai sumber makanan termasuk bumbu dapur.

Baca Juga:Terkenal dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya

Beberapa dari rempah tersebut bahkan bersifat anti inflamasi dan ampuh menurunkan berat badan. Apa saja bumbu dapur tersebut? Dilansir halodoc, yuk simak informasinya berikut ini :

1. Lada hitam

Lada hitam dipercaya memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi lada hitam yang ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan tentunya dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel pada tubuh yang menyebabkan masalah kesehatan serius muncul sebagai dampaknya. Selain itu, lada hitam juga memiliki kandungan piperine yang bermanfaat sebagai obat diet alami.

2. Jahe

Semua orang sudah tidak asing lagi dengan bumbu masakan ini. Selain untuk masakan, jahe juga sering digunakan sebagai obat atau minuman herbal yang berguna bagi kesehatan. Jahe mengandung senyawa fenol oleoresin seperti gingerol dan shogaol yang terkandung sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan gingerol juga bermanfaat untuk menurunkan glukosa darah.

Baca Juga:Yuk Simak 4 Manfaat Mengonsumsi Teh Jahe Lemon Sebelum Tidur

3. Kunyit

Senyawa curcumin yang terdapat dalam kunyit mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu membantu meredakan inflamasi atau peradangan untuk jangka panjang. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit juga mampu mencegah paparan radikal bebas, sehingga dapat melindungi kulit dari penuaan dini. Selain itu, senyawa curcumin juga membantu menjaga kesehatan otak.

4. Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang mampu meningkatkan cita rasa dalam makanan dan minuman. Kayu manis memiliki senyawa polyphenol yang bersifat seperti insulin yang mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam kayu manis dapat mencerahkan kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

5. Oregano kering

Umumnya bumbu dapur ini terdapat pada masakan seperti spaghetti. Di dalam oregano kering memiliki antioksidan tinggi, dibandingkan dengan daun yang masih segar. Satu sendok oregano kering memiliki khasiat antioksidan yang sama dengan tiga cangkir brokoli cincang.

6. Rosemary

Rosemary dikenal ampuh dalam mencegah berbagai macam penyakit kronis, meredakan inflamasi, dan bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Umumnya bumbu masakan ini dicampur dengan makanan tertentu seperti steak.

Itulah beberapa bumbu dapur yang kaya akan antioksidan dan bisa kamu tambahkan dalam masakan harian agar memperoleh manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Claudia