blank
MENUTUP - AKBP Anita Indah SIK MH menutup Diklat Satpam Gada Pratama Tingkat Polda Jateng di Kota Tegal. (Foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Kasubdit Binsatpam/Polsus AKBP Anita Indah SIK MH mewakili Dirbinmas Polda Jateng menutup Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama Tingkat Polda Jateng di Kampus SUPM Negeri Tegal, Jalan Martoloyo, Kamis (6/7/2023).

Puluhan anggota Satuan Pengamanan (Satpam) telah usai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama tingkat Polda Jateng. Kegiatan Diklat tersebut terselenggara atas kerjasama antara PT Surya Artha Wiguna bersama Ditbinmas Polda Jateng.

AKBP Anita Indah, yang membacakan amanat Dirbinmas Polda Jateng menyampaikan, setiap anggota Satpam wajib mengikuti pendidikan dan latihan dasar satpam kualifikasi Gada Pratama. “Pelatihan ini, pada dasarnya merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan bagi setiap anggota. Agar memiliki ketrampilan dan cara bertindak yang baik bagi perorangan maupun kelompok,” ujar AKBP Anita.

AKBP Anita juga berpesan kepada para peserta, sebagai kepanjangan tugas dan pengemban fungsi kepolisian terbatas. Anggota Satpam mempunyai tugas mulia yakni turut menjaga dan menjamin keamanan pada lingkungan kerjanya. Oleh sebab itu, apa yang telah diperoleh selama pendidikan, harus terus diingat sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas agar tidak salah langkah dalam bertindak.

“Jaga sikap dan attitude, dalam melayani baik sesama rekan maupun kepada masyarakat. Senyum, sapa dan salam jangan pernah ketinggalan,” pesan AKBP Anita.

Ketika menegur, lanjutnya, gunakan bahasa atau kalimat yang baik dan tidak menyakiti. Sesuai etika yang berlaku pada lingkungan kerjanya. Kemudian, kompetesi dasar satpam juga wajib paham, sehingga dapat menerapkan dalam pelaksanan tugasnya. Jaga penampilan, percaya diri dan jangan lupa harus ada persiapan atau perencanaan dalam setiap tugas.

“Karena ketika perencanaannya bagus, Insha Allah hasilnya tidak akan jauh dan mengecewakan. Selain itu, juga harus memahami gerakan pengaturan lalulintas, cara penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan TKP,” jelasnya.

Mewakili Dirbinmas, AKBP Anita juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direktur Utama PT. Surya Artha Wiguna. Yang telah memberikan kepercayaan kepada Polda Jateng dalam pelaksanaan Diklat Satpam Gada Pratama yang terlaksana di Polres Tegal Kota.

AKBP Anita berharap agar satpam lulusan Diklat Gada Pratama angkatan ke-2 tahun 2023, dapat menerapkan ilmunya setelah usai mengikuti pendidikan. “Jadikan semua yang telah diperoleh dalam pendidikan sebagai bekal dalam bekerja. Tugas saudara adalah menjaga kamtibmas pada lingkungan perusahaan atau instansi. Jauhi sifat arogansi dalam setiap pelaksanaan tugas,” pungkasnya.

Sutrisno