blank
Guruh Mulia Hidayat SE menyampaikan materi dalam workshop digital marketing bertemakan "Strategi Digital Marketing dalam Memulai Bisnis Online untuk Meningkatkan Branding dan Omset" yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajememen (HMJM) Universitas Semarang (USM) di Gedung V lantai 6 USM, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 120 mahasiswa mengikuti workshop digital marketing bertemakan “Strategi Digital Marketing dalam Memulai Bisnis Online untuk Meningkatkan Branding dan Omset” yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajememen (HMJM) Universitas Semarang (USM) di Gedung V lantai 6 USM, baru-baru ini.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber pebisnis Guruh Mulia Hidayat SE dan Ahmad Faiz SE. Turut hadir Ketua Jurusan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi USM, Edy Suryawardana SE dan Ketua HMJM USM, Dwi Oktavia Pratiwi.

Ketua pelaksana, Irfan Daris mengatakan, tujuan kegiatan memberikan pemahaman akan pentingnya strategi digital marketing dalam membangun kehadiran online yang kuat, menjangkau audiens target, dan meningkatkan kesuksesan bisnis online.

“Kegiatan ini berisi materi yang berhubungan dengan berbagai taktik online dalam digital marketing dan identifikasi target pasar yang tepat untuk bisnis online. Materi disampaikan melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan digital marketing, diskusi, praktik langsung dan networking,” ungkapnya.

“Dengan diadakannya kegiatan ini peserta mendapatkan pembelajaran dan pemahaman dalam mengembangkan softskill yang ada dalam diri untuk menjadi generasi milenial yang inovatif, kreatif, dan mampu berkontribusi dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis,” tuturnya.

Sementara itu dalam materinya, Guruh Mulia Widayat SE MM mengatakan, pemasaran digital menjadi strategi promosi bisnis yang mulai dilakukan oleh banyak pelaku usaha. Mulai dari pebisnis UMKM hingga perusahaan besar menerapkan strategi pemasaran digital yang dinilai signifikan dalam menarik perhatian masyarakat luas untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Menurutnya, ada 10 strategi digital marketing yang paling efektif salah satunya content marketing.

“Content marketing adalah narasi artikel yang dimuat dalam sosial media atau website bisnis. dalam narasi yang ditulis audiens mendapatkan info seputar profil perusahaan, fokus bisnis, deskripsi dan manfaat produk serta harga produk sehingga dapat menarik perhatian,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ahmad Faiz SE. Menurutnya, didunia bisnis diperlukan skill memproduksi konten yang menarik untuk memasarkan produk dan membranding usaha guna meningkatkan penjualan lewat instagram, tiktok, serta membuat Google Maps Bisnis serta media sosial lain.

“Sudah tidak ada alasan lagi untuk memulai bisnis karena tidak ada modal, sidah tidak perlu ragu lagi bisnis online jelas menjanjikan! Yuk terus upgrade dan belajar,” tandasnya.

Muhaimin