blank
Ilustrasi shower puff. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Shower puff merupakan peralatan mandi yang berbentuk seperti gumpalan jaring-jaring dan biasanya digunakan bersama sabun cair agar menghasilkan busa yang berlimpah.

Biasanya, shower puff dibuat dari jaring sintetis, misalnya plastik, lalu dibentuk seperti buntalan. Shower puff digemari karena meski sabun (cair) yang digunakan sedikit, tetapi busa yang dihasilkan tetap melimpah.

Menggosok tubuh menggunakan shower puff hingga berbusa memang satisfying dan membuat tubuh terasa lebih bersih. Selain itu, shower puff juga diyakini efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Baca Juga:Tips Mudah Memakai Eyeliner

Waktu yang tepat untuk mengganti shower puff adalah setelah penggunaan 3-4 minggu. Jika yang kamu gunakan sudah berbau tidak sedap, ada baiknya segera menggantinya dengan yang baru.

Meskipun terasa lebih bersih, namun mandi menggunakan shower puff juga tidak boleh sembarangan. Salah-salah, shower puff justru bisa menjadi sarang bagi bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada kulit. Dilansir dari Hello Sehat, inilah 4 cara menggunakan shower puff yang benar.

1. Keringkan setelah digunakan

Setelah mandi menggunakan shower puff, pastikan untuk membilas dan memerasnya hingga kering. Hindari menyimpan shower puff di dekat sumber air agar tidak lembap.

Shower puff yang terus-terusan dalam keadaan basah dan lembap akan memicu bakteri untuk berkembang biak. Bila perlu, bersihkan shower puff secara berkala dengan merendamnya di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun antiseptik, lalu bilas dan keringkan.

Baca Juga: Tips Menghapus Riasan Dari Bahan Sederhana

2. Jangan gunakan di wajah

Menggunakan shower puff untuk menggosok area wajah berisiko memindahkan bakteri, terlebih jika kamu memiliki wajah yang sensitif. Selain wajah, hindari menggosok area kelamin dengan shower puff karena tak kalah sensitif.

Benda seperti shower puff atau bath sponge sangat rentan menjadi hunian bakteri sehingga wajib dijaga kebersihannya dan tidak bisa digunakan di sembarang area tubuh.

3. Ganti secara berkala

Shower puff harus rutin diganti, setidaknya dalam 1 hingga 2 bulan sekali, atau ketika kamu merasa shower puff sudah terlalu sering digunakan dan jaring-jaringnya sudah terurai atau rusak.

Baca Juga: Tips Membersihkan Telinga Dengan Aman

Menggunakan shower puff dalam jangka waktu yang lama akan berisiko menjadi tempat bertumbuhnya jamur. Demi kebersihan kulit, pastikan kamu menggantinya secara berkala, ya.

4. Hindari shower puff setelah cukur bulu

Shower puff terbuat dari jaring-jaring yang cenderung agak kasar karena berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Menggosokkannya pada kulit yang baru saja dicukur hanya akan membuatnya iritasi dan menimbulkan luka.

Kulit yang baru dicukur cenderung lebih sensitif. Oleh karena itu, hindari menggunakan shower puff sesaat setelah kamu bercukur dan tunggu beberapa hari untuk mandi menggunakan shower puff.

Itulah 4 tips menggunakan shower puff untuk mandi. Untuk meminimalisir kontaminasi bakteri, sebaiknya jangan gunakan shower puff setiap hari, karena penggunaan yang terlalu sering bisa merusak pelindung alami kulit.

Claudia