blank
Daun Babadotan yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Disbun.jatim

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bandotan atau dengan nama lain Ageratum conyzoides merupakan tumbuhan liar yang masuk dalam keluarga suku Asteraceae. Gulma yang berasal asal Brazil ini seringkali diklaim gulma serta banyak ditemukan di banyak sekali wilayah pada tanah air.

Bandotan jadi salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai pestisida nabati dan termasuk tumbuhan yang mudah ditemui di pekarangan rumah, tepi jalan, tanggul, ataupun saluran-saluran air. Termasuk tanaman liar, karena sifat itu pula bandotan lebih dikenal sebagai gulma alias tanaman pengganggu.

Berdasarkan hasil dan temuan penelitian yang telah dilaksanakan, adapun jenis-jenis penyakit yang bisa disembuhkan daun bandotan yaitu demam, batuk, malaria, masuk angin, bengkak akibat luka, dan perut kembung.

Baca Juga:Menjaga dan Mengatasi Berbagai Masalah, Ini 4 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Adapun bentuk daun babadotan ini adalah bulat telur dengan ujung daun relatif belah ketupat atau runcing, dengan tepinya yang bergerigi dan ada bulu pada kedua permukaannya.

Seperti dirangkum dari nutriflakes, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun babadotan yang harus kamu ketahui:

1. Mengatasi Asam Urat

Adanya kandungan flavonoid, glikosida dan tanin pada daun babadotan ini mempunyai khasiat untuk mengatasi asam urat. Kamu bisa menumbuk atau merebus daun babadotan ini lalu tempelkan di bagian tubuh yang sakit atau diminum.

2. Mengatasi Penyakit Mata

Manfaat lain daun babadotan ini juga ampuh mengatasi dan menyembuhkan aneka macam penyakit mata seperti mata merah, belekan atau yang lainnya dan caranya adalah dengan menumbuk daun ini lalu diambil airnya diteteskan pada mata yang sakit.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penuaan Dini, Yuk Simak 6 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan

3. Mengatasi Kista

Kista adalah salah satu tumor jinak yang dapat menyerang bagian bawah atas kulit dan hal ini dapat dikenali dengan cara memberikan pengobatan awal yakni menggunakan air rebusan daun babadotan.

4. Menangkal Diabetes

Daun babadotan pun dikenal baik guna mencegah dan menangkal penyakit diabetes atau kencing manis hal ini lantaran adanya kandungan zat kimia mineral yang efektif dalam mengontrol kadar gula darah.

5. Mengatasi radang pendengaran

Daun babadotan ini ampuh dalam mengatasi radang telinga dengan cara memakai tetesan rebusan daun ini ke bagian telinga. Apabila sakit tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan ke dokter supaya tidak semakin parah.

Baca Juga: Membantu Mengatasi Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Daun Sembung untuk Tubuh

6. Mengobati Maag

Daun babadotan diketahui kaya akan kandungan zat mineralnya yang juga ampuh mengatasi sakit maag. Kamu pun bisa menggunakan air rebusan daun ini yang diminum saat perut terasa sakit atau melilit.

7. Menyembuhkan Luka

Masyarakat tradisional pada jaman dahulu kerap menggunakan daun babadotan ini untuk mengobati luka dan koreng. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun herbal ini kemudian dicampur sedikit dengan minyak goreng atau kapur dan tempelkan pada luka yang berdarah.

Itulah tadi beberapa manfaat daun babadotan bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia