blank

SUARABARU.ID Unissula mendatangkan banyak mahasiswa asing dari berbagai strata pendidikan baik jenjang S1 jenjang S2 dan jenjang S3. Salah satu tujuannya agar bisa masuk jajaran perguruan tinggi terkemuka di dunia.

“Unissula secara berkelanjutan berihtiar sungguh sungguh mendapatkan pengakuan internasional, serta berusaha masuk dalam jajaran universitas terkemuka di dunia”, ungkap Wakil Rektor I Unissula, Dr Andre Sugiyono (3/7/2023).

Masih menurut Andre Sugiyono, saat ini dunia pendidikan tinggi di dunia bergerak sangat dinamis dan bertransformasi sangat cepat mengarah ke internasionalisasi perguruan tinggi. Salah satu faktor pendorongnya adalah meningkatnya mobilitas mahasiswa antarnegara.

“Guna meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi di kancah internasional, Unissula menghadirkan mahasiswa asing dari berbagai jenjang pendidikan”, lanjutnya.

Yang terbaru Unissula mendatangkan 54 mahasiswa asing dalam program Course of Language and Culture of Indonesia (Cultura) yang dimulai hari ini 3 Juli – 16 Agustus 2023. Ke 54 mahasiswa asing tersebut berasal dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Ukraina, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, India, dan Pakistan.

Ini merupakan program tahunan dan dilaksanakan yang kedua kalinya. Tahun 2022 lalu program Cultura di Unissula diikuti oleh 22 mahasiswa asing.

Lebih lanjut Andre Sugiono mengungkapkan ekosistem pendidikan bertaraf internasional perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan daya saing di level internasional.  Begitu juga perguran tinggi harus adaptif dan menerapkan sistem pendidikan terbaik bagi mahasiswa agar mendorong pencapaian standar internasional bagi institusi, mahasiswa, dan juga bagi tenaga pengajar.

Gambar: Mahasiswa asing dari berbagai negara tergabung dalam mengikuti program UMAP di Unissula bulan Februari tahun 2023 lalu.