blank
Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – “Mari sama-sama perbaiki diri dari hal-hal yang kecil. Jadilah polisi yang baik, bekerja dengan hati nurani, layani masyarakat dengan tulus”.

Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, mengatakan hal itu saat apel jam pimpinan di halaman depan Mapolresta, Senin (3/7/2023) pagi. Disebutkan, Sabtu (1/7/2023) saat upacara Hari Bhayangkara di Simpang Lima Semarang, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengingatkan refleksi peringatan Hari Bhayangkara. Ke depan diminta mengurangi atau meminimalisir pelanggaran.

Terkait hal itu hari ini dia menerima laporan dari Kasi Propam, yakni masih ada personel yang punya permasalahan. Dalam hal ini dilaporkan warga.

“Kasi Propam, kalau ada personel yang punya masalah, segera diselesaikan. Untuk rekan yang punya masalah agar berkoordinasi serta berkomunikasi dengan Propam,” pintanya.

Disebutkan, Propam adalah mitra. “Jadikan sebagai konsultan untuk segera bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Masalah jangan digantung,” pintanya.

Komplain dari masyarakat utamanya pelayanan di Sat Reskrim, Narkoba, maupun Sat Lantas. Setiap ada komplain diminta segera diselesaikan. Masyarakat memerlukan kepastian, karena mereka tidak tahu. Padahal setiap penyidik ada berapa laporan polisi yang sedang ditangani.

Maka diminta layani masyarakat dengan baik, humanis. Jangan sampai masyarakat lapor ke SPKT ternyata petugasnya tidak bisa memberikan penjelasan dan arahan. “Warga disarankan ke Polsek, namun setelah ke Polsek ternyata diarahkan ke Polres lagi,” katanya.

Padahal kalau rumahnya jauh, harus bolak balik kan kasihan. “Nanti bisa viral di medsos, sudah lapor tapi disuruh bolak balik. Setelah viral kita kebakaran jenggot,” tandasnya.

Kombes Ruruh menegaskan,
sebagai refleksi untuk instropeksi diri, kurangi pelanggaran, kalau benar jangan takut. Gunakan SOP yang ada dan laporan secara berjenjang. Kalau ada masalah segera dimitigasi.

Eko Priyono