blank
Dalam khutbahnya, Prof Mahfud MD mengajak menjaga persaudaraan di tahun Politik ini. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Dr H Mahfud MD SH SU MIP, menjadi khatib Shalat Idul Adha 1444 Hijriah, di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Kamis (29/6/2023).

Pakar hukum tata negara asal Madura itu, menyampaikan ceramah dengan tema ‘Berkurban sebagai Ibadah untuk Kemajuan Tanah Air Indonesia’. Sekitar 20 ribuan jamaah mendengarkan dengan seksama, sekaligus menjadi makmum Shalat Id yang dipimpin Imam MAJT, KH Zaenuri Ahmad.

Dalam khotbahnya, Mahfud menyampaikan, Idul Adha hendaknya dijadikan momentum untuk tahan terhadap ujian yang diberikan Allah SWT. Dia juga mengajak masyarakat, untuk menjaga tensi, dalam menghadapi tahun politik menjelang Pemilu 2024.

BACA JUGA: Idul Adha di Masjid Baitu Hidayatit Taqwa Petekeyan, Ibadah Kurban Refleksi Ilahiah dan Insaniyah

blank
Prof Mahfud MD didampingi Dr Ahmad Darodji MSi (kanan), memanen buah melon yang ada di halaman MAJT. Foto: riyan

”Saya mengajak semua mengisi tahun politik ini dengan penuh persaudaraan, dalam rangka menjaga keutuhan negara Indonesia,” tambahnya.

Kehadiran Prof Mahfud di MAJT ini, memang menjadi magnet tersendiri. Karena banyak jamaah yang rela mengantre untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Dalam kesempatan itu, Mahfud sekaligus meresmikan pertanian agrowisata dan edukasi milik MAJT, serta berkesempatan memanen buah melon dan buah kurma di halaman masjid.

BACA JUGA: Tanpa Seremoni, Pemkot Semarang Salurkan Daging Qurban bagi Masyarakat yang Membutuhkan

Sejumlah pengurus MAJT, ulama dan tokoh hadir mendampingi. Di antaranya Anggota Dewan Penasihat MAJT yang juga mantan Gubernur Jateng Drs H Ali Mufiz MPA, Ketua Umum MUI sekaligus Ketua Baznas Jateng Dr Ahmad Darodji MSi, dan Ketua Takmir Masjid Baiturrahman DR KH Multazam MAg.

Sementara itu, Sekretaris MAJT, Muhyiddin menjelaskan, pihaknya akan melakukan penyembelihan hewan kurban pada Sabtu (1/7/2023) mendatang. Pada Idul Adha tahun ini, MAJT menerima 12 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Riyan