Menko Polhukam, Prof Dr H Mahfud MD SH SU MIP saat memanen kurma di area MAJT. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Dr H Mahfud MD SH SU MIP menjadi khatib salat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kota Semarang, Kamis 29 Juni 2023.

Pakar hukum tata negara asal Madura itu menyampaikan ceramah dengan tema “Berkurban sebagai Ibadah untuk Kemajuan Tanah Air Indonesia”. Sedangkan yang menjadi imam salat Idul Adha adalah Imam MAJT, KH Zaenuri Ahmad.

Meskipun pelaksanaan salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB, namun sejak pukul 05.00 WIB jemaah dari berbagai penjuru sudah berdatangan ke masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah itu.

Di bagian dalam dan serambi masjid, tak kurang 20.000-an jemaah kusyuk menunaikan salat Idul Adha di sini.

Dalam khotbahnya, Mahfud menyebut bahwa menyembelih hewan kurban adalah perintah Allah yang dikuatkan oleh Rasulullah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Secara fikih menyembelih hewan kurban hukumnya tidak wajib, ia adalah sunnah.

Meskipun begitu, kata dia, disepakati oleh banyak ulama bahwa hukum sunnah dari penyembelihan hewan kurban oleh setiap orang muslim yang mampu adalah sunnah yang mendekati wajib, sunnah mu’akkadah.

Menurutnya, Idul Adha hendaknya dijadikan momentum untuk tahan terhadap ujian. Nabi Ibrahim, para nabi, dan umat-umat terdahulu seringkali dihadapkan pada ujian yang berat untuk mempertahankan keimanan.