blank
Ilustrasi seorang pria sedang memerah susu kambing. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu kambing merupakan susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Susu kambing juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, susu kambing juga mengandung beberapa vitamin seperti Vitamin B, Vitamin C, vitamin D, Riboflavin, Kalsium, dan lain-lain. Tak kalah enak dengan susu sapi, susu kambing juga memiliki rasa yang nikmat. Susu kambing juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Selain Dapat Mencegah Anemia, 5 Manfaat Daging Kambing yang Baik untuk Kesehatan

Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 4 manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Tak berbeda dengan susu sapi, susu kambing juga bermanfaat untuk menjaga dan menguatkan tulang serta gigi. Manfaat ini diperoleh berkat tingginya kandungan kalsium yang terdapat dalam susu kambing. Dengan demikian, susu kambing dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti susu sapi bagi anak-anak yang alergi minum susu sapi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Diketahui bahwa mengkonsumsi susu kambing dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai serangan penyakit. Manfaat ini berasal dari adanya kandungan selenium, yaitu salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Susu kambing memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut dibandingkan susu sapi. Selain itu, protein dalam susu jenis ini lebih mudah dicerna oleh tubuh. Diketahui juga bahwa di dalam susu kambing terkandung prebotik yang berguna sebagai asupan makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Dengan demikian, bakteri baik akan berkembang biak sehingga mereka dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna.

Baca Juga:Begini Tips Aman Makan Daging Sapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

4. Mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular

Manfaat mengkonsumsi susu kambing yang selanjutnya adalah membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Diketahui bahwa susu kambing mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun ganda, dan trigliserida rantai sedang (MCT).

Dengan adanya kandungan tersebut, mengkonsumsi susu kambing mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, dan jantung koroner.

Tak hanya sebatas itu saja, susu kambing juga kaya akan kandungan kalium yang mampu memabantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Meskipun susu kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun perlu diketahui bahwa susu kambing mengandung kalori yang cukup tinggi. Hal ini perlu dihindari bagi seseorang yang sedang menjalani program diet.

Nah, itulah 4 manfaat susu kambing bagi kesehatan.

Claudia