blank
Memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Kapolda Jateng melakukan tradisi ziarah dan tabur bunga di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Polda Jateng menggelar acara tradisi ziarah dan tabur bunga di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Selasa, (27/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi sejumlah PJU Polda Jateng.

Bertolak dari dermaga Ditpolairud Polda Jateng di Pelabuhan Tanjung Mas, rombongan Kapolda menaiki KP Perkutut bernomor lambung 3005 menuju lokasi, yakni alur laut depan dermaga Nusantara pada pukul 08.00 WIB.

Rombongan Kapolda ini diiringi 4 kapal patroli polisi yang ditumpangi oleh sejumlah PJU Polda dan PJU Ditpolairud. Dari atas kapal tersebut Kapolda memimpin langsung upacara ziarah dan tabur bunga.

Usai kegiatan, Kapolda Jateng melalui Dirpolairud, Kombes Pol Hariadi menyebut, upacara tabur bunga ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur bertugas di laut.

“Maknanya dengan upacara tabur bunga ini adalah kita mengenang jasa pahlawan yang gugur di laut. Kita juga membangkitkan nilai-nilai perjuangan dan nilai kepahlawanan, supaya di lapangan kinerja anggota juga lebih baik,” ungkapnya.

Selain dilaksanakan di area Pelabuhan Tanjung Emas, pada hari itu upacara ziarah dan tabur bunga juga berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, Semarang yang dipimpin oleh Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Seno Aji.

Ning S