Ganjar membubuhkan tanda tangan didampingi Wali Kota Semarang, Mbak Ita (kanan), saat meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri Semarang, Selasa (20/6/2023). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri, yang telah selesai direnovasi pada tahun ini. Ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2023, menjadi event pertama yang digelar di kawasan olahraga yang dibangun dengan menggunakan anggaran sekitar Rp 1,1 triliun itu.

”Di event Popda ini, kami minta para atlet untuk mencoba area yang ada di Jatidiri ini. Venue yang sudah kami resmikan ini, nanti bisa digunakan,” kata gubernur berambut putih itu, saat meresmikan sekaligus membuka Popda Jateng 2023, di Stadion Jatidiri, Semarang, Selasa (20/6/2023).

Politikus berambut putih ini berharap, kawasan olahraga ini dapat memberikan manfaat lebih banyak untuk para atlet. Untuk itu, dia meminta fasilitas Kawasan Olahraga Jatidiri dikelola dengan baik.

Selain meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri, Ganjar juga membuka secara resmi ajang Popda Jateng 2023. Foto: hms

BACA JUGA: DPT di Kabupaten Kendal 396.682 Orang

”Saya minta manajemennya mengelola dengan baik, agar kemudian fasilitas yang sudah dibangun dengan susah payah dan tidak murah ini, betul-betul terawat dan fungsional betul. Sehingga atlet-atlet yang menggunakan fasilitas di sini bisa mendapatkan tempat yang bagus, untuk bisa menunjukkan prestasinya,” harap dia.

Popda Jateng sendiri diikuti kontingen dari 35 kabupaten/kota yang ada di provinsi ini. Total atlet yang tampil ada sebanyak 3.298 orang, dengan jumlah pelatih 947 orang.

Mereka akan bertanding pada 25 cabang olahraga, untuk memperebutkan 242 medali emas, 242 perak, 361 perunggu. Para atlet juga akan tercatat dalam sistem informasi atlet Jateng.

BACA JUGA: Masih Ada Kades dan Perangkat Desa Tak Kompak

Dalam kesempatan itu, Ganjar kemudian bercerita, hingga Selasa (20/6/2023) pagi, dia mencatat ada dua peristiwa olahraga penting di Indonesia. Pertama, Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan terhadap juara dunia Argentina.

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6/2023) malam, Indonesia memang kalah 0-2 dari Argentina. Tetapi mental dan semangat para pemain patut untuk dicontoh.

”Semangat kita top, sehingga kita bisa tunjukkan kualitas atlet kita hebat. Lalu tadi pagi saya menerima kabar dari Berlin, atlet SOIna kita pecah telur, setelah Putri Nur Azizah, mendapatkan emas dari cabor senam. Merah Putih berkibar di Berlin,” ungkap Ganjar, menyemangati para atlet Popda.

Ganjar memberikan ucapan selamat kepada para atlet yang akan berlaga di Popda Jateng 2023. Foto: hms

BACA JUGA: Ditetapkan Tersangka Karena Unggahan di FB, Daniel Frits Maurits Mendapatkan Banyak Dukungan

Ditambahkan dia, dua peristiwa itu menunjukkan, bagaimana semangat dan mental para atlet Tanah Air, mampu bersaing di kancah dunia. Oleh karena itu, dia ingin para atlet Popda yang merupakan generasi Z, untuk bisa mencatatkan prestasinya di ajang ini, hingga nanti berlanjut sampai tingkat dunia.

”Mudah-mudahan Popda ini menjadi ajang pertunjukan prestasi di antara mereka. Sehingga bibit-bibit hebat ini, yang nanti kita siapkan untuk jadi atlet Nasional dan dunia,” harap Ganjar.

Riyan