blank
Ilustrasi lapar di tengah malam. Foto: Dok/freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pernahkah kamu merasakan rasa lapar saat tengah malam? Rasa lapar merupakan respon alami tubuh yang menandakan kurangnya asupan kalori dari makanan. Rasa lapar yang muncul saat tengah malam, tentu memiliki penyebab yang jelas.

Mengutip dari Suara.com, (studi dari Johns Hopkins Medicine) menyebutkan bahwa rasa lapar di tengah malam umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan kalori saat makan malam sebelum tidur, kondisi stres yang memicu asupan makan berlebih, kebiasaan begadang hingga tengah malam, kekurangan cairan, PMS, dan kondisi medis tertentu seperti obesitas, dan diabetes.

Melansir dari laman Healtline.com, ada 5 tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi lapar di tengah malam, simak yuk…

1. Minum air putih

Rasa lapar di tengah malam bisa jadi akibat kekurangan cairan sebelum tidur. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pengaruh suhu kamar yang terlalu panas, sehingga produksi keringat menjadi berlebih hingga menimbulkan rasa haus dan lapar.

Oleh sebab itu, kamu perlu minum segelas air putih, lalu tunggu hingga beberapa menit. Jika rasa lapar perlahan hilang, itu berarti kamu memang dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan.

2. Minum susu hangat

Minum segelas susu hangat juga menjadi salah satu tips ampuh untuk mengatasi rasa lapar tengah malam. Pasalnya, susu hangat memiliki kalori yang tidak terlalu tinggi, sehingga minim risiko menambah berat badan.

Melansir dari Sleep Foundation, susu hangat juga memiliki kandungan asam amino triptofan yang dapat memicu produksi hormon melatonin untuk menimbulkan rasa kantuk dan membuat kamu kembali tertidur nyenyak.

3. Konsumsi camilan rendah kalori

Jika kamu merasakan lapar yang tak tertahankan di tengah malam, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis camilan rendah kalori, seperti pisang, alpukat, telur rebus, dan oats. Hindari pula makanan yang mengandung kalori tinggi seperti mie instan, karena berpotensi menambah berat badan.

4. Perbaiki pola tidur

Berdasarkan studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine, durasi tidur yang pendek dan kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan rendahnya kepatuhan terhadap diet sehat dan pola makan teratur. Itu artinya, kebiasaan begadang dapat memicu lapar ditengah malam. Cobalah untuk tidur lebih awal, yakni pada pukul 10 atau 11 malam untuk meminimalisir timbulnya rasa lapar.

5. Perbaiki pola makan

Selain pola tidur, pola makan juga berkaitan erat dengan rasa lapar di tengah malam. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi atau melewatkan waktu makan malam menjadi faktor pemicunya. Maka dari itu, kamu perlu memperbaiki pola makan dengan menerapkan pedoman gizi seimbang setiap harinya.

Nah, itu tadi 5 tips untuk mengatasi rasa lapar ditengah malam. Semoga bermanfaat!

Ning S