blank
Ilustrasi seorang wanita menguap saat membaca buku. Foto: Pexels

SEMARANG (SURABARU.ID)- Menguap merupakan respons tubuh ketika kamu merasa lelah. Menguap juga bisa terjadi saat kamu melihat orang lain menguap, sebagai bentuk empati. Namun, jika kamu menguap berlebihan dan terlalu sering, hal itu bisa terjadi karena lelah berlebihan atau adanya kondisi medis tertentu.

Terlalu sering menguap, terutama yang terjadi tanpa rasa lelah atau kantuk, bisa jadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti Anemia atau kurang darah. Sinkop vasovagal atau kondisi akibat refleks saraf berlebihan di dalam tubuh yang membuat seseorang mudah pusing dan pingsan. Sleep apnea.

Menguap memang memiliki kaitan yang erat dengan perasaan kantuk. Gerakan ini sering kali tidak disadari atau dalam bahasa medis disebut dengan involunter. Dalam kondisi normal, rata-rata manusia akan menguap sebanyak 5–10 kali dalam sehari.

Baca Juga: Selain Mudah Diolah, Ini 5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

Tetapi belum ada batasan yang menunjukkan kapan seseorang menguap secara berlebihan. Sebab, ada kemungkinan seseorang akan menguap hingga puluhan kali dalam sehari akibat kondisi tertentu.

Selain mengantuk, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan seseorang menguap. Berikut lima diantaranya.

1. Mendinginkan Otak

Suhu otak yang terlalu panas akibat pengaruh cuaca dan aktivitas berat menjadi alasan seseorang mudah menguap. Ketika menguap, secara tidak Anda akan menarik napas dalam-dalam dan membuat cairan tulang belakang serta darah mengalir dari otak ke tubuh bagian bawah.

Hal ini membuat mulut terbuka lebar dan angin dari luar pun masuk mendinginkan otak. Mekanisme ini dapat berlangsung hingga beberapa kali sampai suhu otak kembali stabil, seperti dilansir pada laman Sleep Foundation.

Baca Juga: Sering Dibuang Begitu Saja, Ini 5 Khasiat Rambut Jagung untuk Kesehatan

2. Tertular dari Orang Lain

Ketika Anda sedang fokus memperhatikan orang lain, beberapa gerakan tubuh yang mereka lakukan dapat tertular kepada Anda, salah satunya dengan menguap. Sebuah studi dari jurnal Physiology & Behavior menyebutkan bahwa kondisi ini bisa terjadi akibat perasaan empati yang dimiliki oleh seseorang.

3. Sedang Merasa Bosan

Saat Anda merasa bosan, bagian otak yang bernama nukleus akumbens tidak menerima informasi yang menyenangkan. Hal ini membuat kadar adenosin di dalam tubuh meningkat. Adenosin merupakan zat kimia yang membuat tubuh merasa lelah dan memperlambat detak jantung.

Alhasil, otak akan menganggap rasa bosan sebagai tanda kelelahan sehingga Anda akan menguap, seperti dilansir pada laman Healthline.com

Baca Juga: Taukah Kamu? Ini 4 Manfaat Tanamanan Licorice Bagi Kesehatan Tubuh

4. Efek Samping Penggunaan Obat

Berdasarkan penelitian dari The Primary Care Companion For CNS Disorders, penggunaan obat-obatan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) atau golongan anti depresan memiliki efek samping yang dapat membuat Anda menguap secara berlebihan. Beberapa jenis obat tersebut, yakni duloxetine, clomipramine, fluoxetine, citalopram, sertraline, dan paroxetine.

5. Mengalami Penyakit Tertentu

Menguap secara berlebihan juga dikaitkan dengan berbagai penyakit tertentu, yakni anemia, sinkop vasovagal atau kondisi akibat refleks saraf berlebihan di dalam tubuh yang membuat seseorang mudah pusing dan pingsan, sleep apnea, sindrom kelelahan kronis, kelainan tiroid, narkolepsi, gangguan otak, dan penyakit kronis, seperti multiple sclerosis, diabetes, dan gagal hati, seperti dilansir pada laman Alodokter.com

Itulah tadi pembahasan tentang lima penyebab seseorang mudah menguap, semoga bermanfaat!

Claudia