ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Batuk merupakan tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing seperti kuman, virus, debu, atau zat iritatif, dari dalam saluran pernapasan. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk.

Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu. Namun, alangkah baiknya jika batuk dapat teratasi dengan tepat sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab yang membuat batuk seperti saat debu, polusi, atau alergen (zat pemicu alergi) memasuki sistem pernapasan, otak akan mengirim sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot-otot di dada dan perut. Ketika otot-otot tersebut berkontraksi, udara menyembur melalui sistem pernapasan untuk mendorong keluar benda asing. Hal inilah yang dinamakan batuk.

Baca Juga: Tanaman Obat Untuk Batuk dan Pilek

Tak hanya obat-obatan berbahan kimia, batuk juga bisa diatasi dengan bahan alami yang mudah di dapat di rumah. Melansir dari halodoc.com berikut obat herbal untuk redakan batuk yang bisa kamu coba di rumah.

1. Jahe

Jahe sudah tak asing lagi dengan khasiatnya sebagai obat herbal. Tak terkecuali dapat mengatasi keluhan batuk menggunakan herbal jahe.

Selain dapat mengatasi batuk, mengonsumsi jahe akan membuat otot-otot saluran pernapasan menjadi rileks. Karenanya, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Batuk Kering Menggunakan Bahan Alami

Cara pengolahannya pun mudah. Kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan jahe untuk mengurangi batuk yang kamu alami.

2. Nanas

Kandungan bromelain yang terdapat pada nanas memiliki sifat anti inflamasi dan mukolitik yang dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Sehingga nanas sangat baik dikonsumsi pengidap batuk, khususnya batuk berdahak.

Nanas pun juga mudah untuk didapat. Pasalnya, buah ini cukup populer di pasar maupun supermarket.

Baca Juga:Taukah Kamu? Ini 4 Manfaat Tanamanan Licorice Bagi Kesehatan Tubuh

3. Bawang putih

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan untuk mengobati batuk kering. Sifat antibakteri dan anti peradangan ini dipercaya cukup manjur untuk mengatasi sakit batuk.

Kamu bisa menambahkan bawang putih pada masakan yang kamu konsumsi maupun mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan atau digeprek dengan air hangat.

4. Kunyit

kunyit telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal. Kunyit dinilai dapat mengatasi sakit batuk pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki senyawa aktif di dalamnya yang dikenal sebagai kurkumin yaitu antioksidan yang memiliki efek antiradang poten.

Baca Juga: Membantu Mengatasi Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Daun Sembung untuk Tubuh

5. Campuran teh dan madu

Madu menjadi bahan alami yang bisa membantu mengatasi batuk. Bahkan, penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicines, menunjukkan hasil penggunaan madu lebih efektif mengatasi batuk dibandingkan obat-obatan lain yang ada di apotek.

Kamu bisa meminum madu secara langsung maupun melakukannya ke dalam teh hangat. Konsumsi minuman ini sekali atau dua kali dalam sehari untuk hasil yang efektif.

Itulah 5 obat herbal untuk mengatasi batuk yang bisa dicoba di rumah. Tetap jaga kesehatan, ya!

Claudia