blank
ilustrasi air jahe. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Batuk sendiri memiliki beberapa jenis dan yang paling umum terjadi adalah batuk kering dan batuk berdahak. Untuk batuk kering adalah jenis batuk yang tidak diikuti dengan munculnya dahak atau lendir.

Dilansir dari Suara.com, mungkin Anda pernah mengalami masalah kesehatan seperti batuk kering, namun hal ini biasanya muncul disertai gejala seperti sedang terserang flu atau masalah saluran pernapasan lainnya.

Adapun faktor penyebab batuk kering antara lain mulai dari flu, alergi, kebiasaan buruk merokok, paparan debu dan polusi udara hingga kondisi medis tertentu. Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah 4 cara mengatasi batuk kering secara alami yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Lima Tips Tetap Sehat Selama Traveling

1. Air Putih Hangat

Saat mengalami batuk kering bisa diatasi dengan minum air putih hangat. Pasalnya, tubuh memerlukan asupan cairan saat udara terasa kering dan juga berguna dalam mengatasi kelembapan pada tenggorokan. Maka dari itu, selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minimal mengonsumsi 8 hingga 12 gelas per hari atau tergantung pada berat badan.

2. Madu

Mengonsumsi madu saat mengalami batuk kering juga bisa meringankan kondisinya. Caranya adalah kamu bisa menambahkan dua sendok madu ke dalam minuman hangat, seperti teh, air lemon atau air putih. Akan tetapi, jangan berikan madu untuk bayi yang berusia di bawah satu tahun karena bisa memicu botulisme.

3. Air garam

Saat mengalami batuk kering, kamu bisa berkumur dengan larutan garam dan caranya adalah dengan berkumur. Kemudian, cara ini mampu meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang menjadi penyebab batuk. Akan tetapi, cara ini tidak dianjurkan bagi anak yang masih berusia di bawah 6 tahun karena belum mempunyai kemampuan berkumur dengan baik.

Baca Juga: Lima Tips Mengelola Keuangan Bagi Anak Kos

4. Jahe

Saat mengalami radang tenggorokan karena batu kering ini bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe sebagai obat alami. Jahe sendiri bisa mengurangi asam lambung berlebih dan juga meringankan gejala flu seperti batuk. Meskipun demikian belum ada bukti secara klinis yang menyebutkan kalau jahe ini bisa mengatasi batuk kering secara efektif.

Demikianlah beberapa cara mengatasi batuk kering secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia