pemupukan berimbang
Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI-P, Vita Ervina didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan dan Vice President Penjualan Wilayah 3 PT Pupuk Indonesia, Anthony Yudhi Kristyanto secara simbolis menyerahkan bantuan. Foto; W. Cahyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tips bagaimana caranya mengelola keuangan yang minim agar bisa lebih hemat dan bisa juga menyisihkan sedikit uang untuk menabung. Sebenarnya agak susah menjelaskan secara nominal karena UMK disetiap daerah itu berbeda, begitu pula untuk biaya hidup yang berbeda disetiap daerah.

Sebenarnya berapapun gaji kalian jika tidak bisa mengatur keuangan ddengan baik maka uang yang diterima akan terasa kurang. Dan yang lebih parah adalah bagi kalian yang bergaji kecil namun tidak memanage dengan benar uang masuk dan uang keluar, sehingga uang gaji yang kalian dapatkan tidak akan tersisa dan bahkan mungkin akan berujung pada pinjaman online.

Dilansir dari Suara.com oleh karenanya, mari kita bahas tips hemat berikut agar kehidupan finansial kalian bisa lebih membaik.

Baca Juga: Ingin Belajar Jadi Hacker? Simak Tips Berikut

1. Buat list pengeluaran

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulan. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan utama, seperti misalnya makan, bensin, kuota, bayar kosan.

Dahulukan mengeluarkan uang untuk hal yang penting, jangan dulu kalian membeli barang yang sebenarnya belum kalian butuhkan atau bahkan bisa ditunda, agar kalian tidak kehabisan uang diakhir bulan.

2. Masak sendiri

Makan adalah kebutuhan pokok, mulai sekarang cobalah untuk memasak sendiri. Buat kalian yang setiap harinya makan di warung atau restoran, atau bahkan pesan makanan scara online mulailah untuk memasak sendiri di kost kalian.

Baca Juga: Stand Up Your Confident in Public di USM, Inilah Tips Komika Tampil Percaya Diri di Depan Publik

Tak perlu ribet masak olahan ini itu, kalian cukup masak nasi saja untuk lauk dan sayur kalian bisa beli di warung makan, beli sekiranya cukup untuk dua kali makan.

Untuk minum, sediakan galon yang isi ulang saja di kost, cukup sekitar 6 ribu dapat satu galon. Dengan begitu kalian sudah menghemat beberapa ribu dalam satu hari.

3. Cuci baju sendiri

Cucilah baju kalian sendiri, jangan malas lalu mengandalkan laundry, ingat uang kalian pas-pasan daripada kalian membuang uang 10 ribu sampai 20 ribu, lebih baik kalian beli sabun cuci 2 ribu sudah cukup.

Baca Juga: Pelatihan Personal Grooming di USM, Simak Tips Personal Grooming dan Beauty Class

4. Belilah barang sesuai kemampuan, namun tidak tertinggal

Maksud saya disini adalah bila kalian ingin membeli sebuah barang, smartphone misalnya. Tak perlulah kalian membeli smartphone yang mahal-mahal sampai 3 juta 5 juta, cukup kalian beli saja android yang harganya 2 jutaan, diharga segitu spek android sudah cukup enak untuk main game dan foto-foto, desainnya pun keren-keren.

Atau misalnya mau beli motor, tak perlu rasanya kalian beli yang baru atau bahkan sampai beli dengan cicilan, beli saja motor bekas yang masih bagus.

5. Konsisten menabung

Sekalipun gaji kalian kecil, paksalah untuk menyisihkan sedikit uang kalian untuk ditabung, entah itu 100 ribu atau 200 ribu perbulan itu sudah cukup, yang penting adalah konsisten.

Baca Juga: Mungkinkah Kucing dan Hamster Dipelihara Bersamaan? Simak Lima Tips untuk Mencobanya

Dengan memiliki uang tabungan, kalian akan merasa lebih tenang karena ada uang darurat yang sewaktu-waktu bisa kalian gunakan untuk hal yang benar-benar mendesak.

Nah, itulah 5 poin utama yang bisa kalian terapkan, semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap syukuri seberapapun penghasilan yang kalian dapatkan.

Claudia