blank
Para peserta melakukan praktik dalam pelatihan bertajuk ''Personal Grooming, Personal Hygiene dan beauty class'' yang dilaksanakan di ruang teleconference Menara USM lantai 8 pada 10 November 2022. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Program Studi Pariwisata Universitas Semarang menggelar pelatihan bertajuk ”Personal Grooming, Personal Hygiene dan beauty class” yang dilaksanakan di ruang teleconference Menara USM lantai 8 pada 10 November 2022.Kegiatan tersebut menghadirkan Manager Hotel Grasia, Noor Faiq, S. M. dan Coach Emina Cosmetics, Adilla Alfiyana.

Ketua pelaksana sekaligus Sekretaris Jurusan Pariwisata Universitas Semarang Pariwisata, Dessika Nur Jannah M. MPar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan ilmu merawat dan menata diri agar menghargai diri sendiri dan orang lain lewat penampilan.

blank
Para peserta dan narasumber foto bersama usai pelatihan bertajuk ”Personal Grooming, Personal Hygiene dan beauty class” yang dilaksanakan di ruang teleconference Menara USM lantai 8 pada 10 November 2022. (Foto:News Pool USM)

”Personal grooming tidak hanya membahas tentang penampilan, tetapi membahas juga tentang sikap dan perilaku. Merawat dan menata diri merupakan sebuah bentuk penghargaan untuk diri sendiri, serta sebagai bentuk menghargai orang lain,” katanya.

Desika mengungkapkan, pihaknya mengundang narasumber di kegiatan ini agar mahasiswa mendapatkan ilmu tambahan dari praktisi langsung mengenai personal grooming, personal hygiene dan beauty class.

”Personal grooming dan personal hygiene dalam hal penampilan ini merupakan ciri khas dari mahasiswa pariwisata yang membedakannya dengan mahasiswa lain. Pada dasarnya setiap orang harus mengetahui tentang ini karena dapat mengubah penampilan agar lebih baik dari sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Noor Faiq, personal grooming merupakan proses merawat diri dari ujung rambut hingga ujung kaki.

”Personal grooming dapat dilakukan dengan memakai deodorant, berkumur setelah makan, dan mencuci muka agar menghilangkan rasa kantuk dan memberi kesan fresh. Tak hanya tentang fisik, personal grooming juga tentang psikis,” jelasnya

Sementara itu, Coach Emina Cosmetics, Adilla Alfiyana memperkenalkan emina cosmetics yang memiliki slogan ”beauty is fun”. Pada pelatihan tersebut, dia membimbing setiap mahasiswa dan menyediakan seperangkat alat make up seperti cermin, kuas make up, puff bedak, celemek, bandana, dan produk make up emina.

Muhaimin