blank
Ilustrasi hewan hamster. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bagi Anda penyayang binatang, tentunya Anda senang menyambut spesies apapun di rumah. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan kompatibilitas antara hewan peliharaan yang satu dengan lainnya.

Hal ini perlu Anda lakukan lantaran hewan yang satu kadang tidak akur dengan yang lain. Kendati begitu, sebetulnya mereka bisa hidup berdampingan dengan keadaan tertentu.

Dilansir dari Suara.com, contohnya adalah kucing dan hamster. Kucing merupakan binatang yang memiliki naluri berburu, sebaliknya hamster adalah binatang yang dimangsa.

Baca Juga: Kucing Mengalami Cacingan? Simak Tips Menghilangkan Cacingan dan Penularan Pada Kucing

Lantas, apakah mungkin kucing dan hamster bisa dipelihara bersamaan?

Dilansir dari laman My Animals, jawabannya adalah tidak. Keduanya berbeda seperti anjing dan kucing di alam. Mereka tidak akan bisa akur sebab kucing ingin memakan hamster, sementara hamster tidak ingin dimakan kucing. Atas dasar ini, hubungan keduanya tidak akan pernah bisa akur.

Karena sejak kecil, kucing telah diajari induknya untuk berburu, oleh karenanya kucing akan berbuat serupa saat melihat hamster di dekat mereka. Akan tetapi, meski kelihatannya mustahil hidup berdampingan, keduanya ternyata bisa dilatih agar bisa akur, lho. Setidaknya kamu bisa mencobanya dengan 5 tips di bawah ini untuk mewujudkannya:

Baca Juga: Taukah Anda Kapan Kucing Merasa Tidak Nyaman dan Kesal?

1. Untuk di awal, perhatikan betul soal keselamatan hamster
Kalau perlu, jangan beri kucing kesempatan untuk memasuki ruangan di mana hamster berada. Sedini mungkin kucing dihindari dari akses masuk menemui hamster.

2. Kenalkan kucing pada hamster pelan-pelan
Setelah hamster terbiasa akan kehadiran kucing, awasilah kandang hamster. Pastikan kokoh nan kuat, tidak akan roboh bahkan kalau perlu taruh di tempat yang tinggi dan tidak bisa dijangkau kucing.

3. Ajarilah kucing untuk mengenali hamster sebagai teman
Caranya adalah membiarkan kucing mendekati hamster. Biarkan keduanya saling melihat melalui kandang, dan biarkan saling menciumi aroma satu sama lain.

4. Ambillah hamster dan taruh di tanganmu, lalu kamu bisa meminta tolong orang lain memegang kucing agar tidak menerkam hamster. Dekatkan keduanya dan ajari kucing untuk mengelus.

5. Ulangi langkah tersebut secara terus-menerus
Beri hadiah kucingmu bila melakukannya dengan benar, dan tindak tegas bila perilakunya seakan ingin memangsa hamster.

Claudia