blank
Saat datang ke Posyandu, para lansia juga diberikan pembimbingan senam sehat bersama dengan gerakan ringan, guna menjaga kebugaran jasmani.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, meberikan pula pembimbingan senam sehat bersama bagi para lanjut usia (Lansia). Ini diberikan setelah para kader kesehatan dari Puskesmas, melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada para Adiyuswa (sepuh) tersebut.

Pembimbingan senam sehat bersama bagi lansia ini, diberikan dalam gerakan ringan dan dengan teknis sederhana, yang mudah ditirukan. Tujuannya, untuk menggerakkan anggota badan agar tidak kaku, supaya tetap semangat, agar sehat dan bugar, serta dapat mandiri dalam menjalani kehidupannya.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, ikut memberikan pendampingan dalam pelayanan tersebut, Babinsa Desa Nguneng Koramil-24/Puhpelem Serma Dadang, bersama anggota Bhabinkamtibmas Brigadir Joko.

Pelayanan Posyandu bertempat di rumah Kepala Dusun (Kadus) Pendem, Desa Nguneng, Dwi Rindani ini, menjadi wujud nyata hadirnya pemerintah di masyarakatm termasuk di kalangan lansia, untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Para kader kesehatan yang bertugas di Posyandu, juga memberikan pelayanan kesehatan kepada anak-anak Balita. Yakni melakukan pemeriksaan kesehatan dan memonitor kembangtumbuhnya anak, melakukan pencegahan stunting. Juga penyuluhan pentingnya pemenuhan gizi, untuk menghindarkan kasus ancaman terganggunya pertumbuhan anak.

Bambang Pur