blank
Ilustrasi cara mencerahkan kulit wajah secara alami. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu ingin mencerahkan kulit wajah yang kelihatan kusam? Kulit wajah tampak kusam tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Ada berbagai cara untuk mencerahkan kulit wajah secara alami yang dapat kamu lakukan dengan mudah, baik melalui perawatan dari luar maupun dari dalam. Kulit wajah terlihat cerah dan bersinar merupakan dambaan banyak orang.

Untuk mewujudkannya, sebenarnya tidak sulit dan tidak harus menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mahal.

Melansir dari Alodokter, agar kulit wajah terlihat cerah dan bersinar, kamu hanya perlu rutin menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah, serta memastikannya tetap terhidrasi. Selain itu, penting juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Ada beberapa cara mencerahkan kulit wajah secara alami yang mudah dilakukan, yuk simak di bawah ini!

1. Membersihkan wajah secara rutin
Untuk mencerahkan kulit wajah, pastikan kamu rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Ini merupakan salah satu langkah awal dari perawatan wajah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit.

Kamu dianjurkan untuk menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, pembersih wajah dengan kandungan pelembap untuk jenis kulit kering atau produk berlabel hypoallergenic untuk kulit sensitif.

Saat mencuci wajah, kamu dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Pijat wajah dengan gerakan melingkar secara lembut, bilas wajah secara menyeluruh, dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut.

2. Memakai toner
Setelah wajah dibersihkan, kamu bisa menggunakan toner yang berguna untuk menyehatkan, melembapkan, dan memberi nutrisi pada kulit. Teknik double cleansing ini juga akan menghilangkan sisa make up atau kotoran yang terlewatkan oleh pembersih wajah biasa.

Beberapa toner juga dapat mengatasi masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, dan kulit rusak akibat sinar matahari. Hasilnya, kulit wajah tak hanya terlihat lebih sehat, tetapi juga lebih cerah, bersih, dan lembut.

3. Menggunakan pelembap wajah
Setelah wajah benar-benar bersih, gunakan pelembap wajah sesuai dengan jenis kulit agar kelembapan kulit tetap terjaga dengan baik. Tak hanya itu, sebagian produk pelembap juga telah diperkaya zat antioksidan, niacinamide (vitamin B3), gliserol, dan silitol yang dapat mencerahkan sekaligus melembapkan kulit wajah.