Daun Sirsak yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)Daun sirsak atau dengan nama latin Annona muricata merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama dimanfaatkan sebagai produk alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Daun sirsak jadi tanaman yang sering digunakan dalam metode pengobatan herbal. Pasalnya, daun sirsak memiliki sejumlah fitokimia alami yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, radang tenggorokan, dan hipertensi.

Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali system syaraf yang kurang baik.

Baca Juga:Selain Membantu Melancarkan Peredaran Darah, Ini 5 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Namun, selain bermanfaat, efek samping daun sirsak juga ternyata tidak sedikit. Salah satu efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pada hati dan ginjal. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi. Tidak hanya itu, beberapa suplemen yang terbuat dari daun sirsak bahkan dapat merusak saraf.

Akan tetapi, dibalik manfaat baik itu, tersimpan efek negatif yang justru menimbulkan masalah bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Lantas, seperti apa pembahasannya? Dilansir dari Suara.com, berikut empat efek samping penggunaan daun sirsak secara berlebihan.

1. Menyebabkan Hipoglikemia

Daun sirsak memang telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi diabates dengan cara mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil. Namun, konsumsi secara berlebihan justru menyebabkan penurunan kadar gula drastis atau dalam istilah medis disebut hipoglikemia.

Baca Juga: Membantu Mengatasi Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Daun Sembung untuk Tubuh

Hal itu diperkuat dengan hasil studi Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine yang menyebutkan bahwa konsumsi air rebusan daun sirsak terlalu banyak akan membuat kadar gula darah menjadi sangat rendah. Kondisi ini ditandai dengan irama jantung tidak teratur, kulit pucat, tak bertenaga dan hilang keseimbangan.

2. Meningkatkan Risiko Parkinson

Parkinson merupakan gangguan sistem saraf pusat yang terjadi akibat degenerasi sel saraf dan hilangnya sel-sel yang memproduksi dopamin di otak, sehingga tubuh kehilangan fungsi motorik.

Pada umumnya parkinson dialami oleh orang lansia, akan tetapi berbagi faktor pemicu lain bisa meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit ini di usia muda, seperti dikutip dari laman Siloam Hospital.

Baca Juga: Dapat Menghilangkan Stres, Lima Manfaat Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan

Sebuah studi dari jurnal Molecules menjelaskan bahwa daun sirsak mengandung senyawa acetogenin yang berfungsi sebagai antiviral dan antiprotozoa. Akan tetapi, kelebihan konsumsi daun sirsak justru menyebabkan gangguan neurodegeneratif yang berakhir pada parkinson.

Selain itu, kandungan alkaloid yang terdapat pada daun sirsak juga memiliki potensi yang sama untuk mempengaruhi sel saraf apabila dikonsumsi secara berlebihan.

3. Memperberat Kerja Ginjal dan Hati

Berdasarkan penelitian dari Journal of Human Hypertension, mengonsumsi lebih dari 5 g/kg berat badan ekstrak daun sirsak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebab, ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring zat sisa yang tidak digunakan oleh tubuh akibat konsumsi daun sirsak secara berlebihan. Efek yang sama juga dapat terjadi pada organ hati yang perlu melakukan detoksifikasi lebih kuat terhadap zat sisa tersebut.

Baca Juga: Lima Kandungan dan Manfaat Minum Rebusan Air Daun Sirih

4. Penurunan Tekanan Darah Secara Drastis

Masih dalam penelitian yang sama, konsumsi daun sirsak secara berlebihan akan menurunkan tekanan darah secara drastis, mirip seperti efek samping yang terjadi pada gula darah penderita diabetes.

Pasalnya, kandungan fitokimia pada daun sirsak dapat menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah). Oleh karena itu, seseorang yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya menghindari konsumsi tanaman ini.

Itulah tadi pembahasan tentang empat dampak negatif penggunaan daun sirsak secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Claudia