blank
Tim dosen pengabdian kepada masyarakat Departemen Ilmu Komunikasi Undip berfoto bersama para guru usai kegiatan Literasi Digital di PAUD dan sekolah karakter Pelangi Nusantara Semarang. Foto: Dok/Undip

Sekolah memegang peran penting dalam mendorong peningkatan daya pikir dan intelektualitas murid dan memberi pengalaman psikologi yang baik bagi anak didik.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tim dosen dari Departemen ilmu Komunikasi Fisip Undip ini dibuka oleh Ketua Yayasan PAUD dan Sekolah Karakter Pelangi Nusantara Semarang, Sri Kusmiyati.

Sri Kusmiyati mengapresiasi peran para dosen ilmu Komunikasi Undip yang bersinergi dengan pihak sekolah berupaya menjadikan dunia pendidikan kita utamanya anak-anak sekolah makin berkarakter baik.

“Materi yang disampaikan para dosen penting bagi acuan para guru kami, agar dapat berperan dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh guru atau orang tua murid disini,” kata Sri Kusmiyati.

Kepala Sekolah, Nurun Hikmah, S.Pd, M.Pd, berkomitmen untuk terus mengedukasi para muridnya dalam menggunakan gadget serta konten-konten apa saja yang mereka akses.

“Kami sangat memerlukan dukungan para orang tua, karena murid sebagian besar waktunya berada bersama keluarga dan lingkungan sebaya mereka,” tukasnya.

Memberikan edukasi dan pemahaman kepada anak tentang konten-konten yang sepantasnya dilihat dan sebaliknya apa yang tidak pantas. “Salah satu caranya para orang tua dan guru dapat mengunduh beberapa aplikasi yang dapat mengontrol akses internet anak-anak,” terang Agus Naryoso.

Para guru antusias dalam diskusi dengan pemateri literasi digital ini menandaskan perlunya makin ditingkatkan komunikasi antara orang tua, anak dan para guru. Kerja sama ini harus dibangun dalam kurun waktu tak terbatas.

”Anak didik bersama kami para guru pagi hingga sore, selebihnya bersama keluarga dan teman sebaya mereka. Jadi ini membutuhkan kerja sama yang makin baik,” kata Nurun Hikmah.

Ning S