blank
Foto bersama dalam acara kuliah tamu bersama Prof. Sadono Sukirno, Guru Besar Ilmu Ekonomi University of Malaya, Malaysia, Rabu (07-06-2023) di ruang FE 322.. Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar kuliah tamu bersama Prof. Sadono Sukirno, Guru Besar Ilmu Ekonomi University of Malaya, Malaysia, \Rabu (07/06/2023) siang di ruang FE 322 FEB.

Prof. Sadono Sukirno, Guru Besar Ilmu Ekonomi University of Malaya, Malaysia ini sekaligus juga penulis buku terkenal dalam bidang ekonomi pembangunan.

Koordinator Bidang Kemahasiswaan Departemen Ilmu Ekonomi Dhian Adhitya, S.Pd., M.E., mengungkapkan bahwa kuliah tamu ini diadakan dalam rangka transfer knowledge mengenai pembaruan ilmu ekonomi kepada mahasiswa.

“Kuliah umum ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mempelajari teori yang didapatkan di kelas, namun juga mempelajari teori-teori baru dari pakarnya,” jelasnya.

Di awal paparannya, Prof. Sadono mengungkapkan bahwa buku terbarunya berjudul Prinsip-Prinsip Ekonomi, Teori Dasar dalam Mikroekonomi dan Makroekonomi adalah untuk menyempurnakan buku Pengantar Teori Mikroekonomi dan Makroekonomi yang ditulis 40 tahun yang lalu.

“Saya ingin mencoba menghubungkan teori ekonomi dengan realita. Apa yang saya lakukan dan yang menggambarkan teori ekonomi dan menerangkan hal-hal yang berlaku,” ungkapnya.

Tiga Aspek Mikro Ekonomi

Di hadapan puluhan mahasiswa dan dosen yang hadir, Prof Sadono mengungkapkan bahwa kegiatan ekonomi terdiri dari dua sisi, pertama adalah sisi untuk menghasilkan barang dan jasa, yang kedua adalah sisi membelanjakan uang yang diterima untuk membeli barang dan jasa.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa kegiatan produksi dibagi menjadi tiga sektor yang dilakukan di sektor primer, sekunder, tersier. Sektor tersebut meliputi sektor pertanian sampai dengan sektor jasa.

blank
Kuliah tamu FEB bersama Prof. Sadono Sukirno, Guru Besar Ilmu Ekonomi University of Malaya, Malaysia, Rabu (07-06-2023) di ruang FE 322. Fto: Humas UKSW

Sedangkan dari sisi konsumsi, sebagai contoh rumah tangga membeli barang dan jasa untuk keluarga, perusahaan membeli barangnya untuk investasi, pemerintah melakukan investasi, akhirnya ekspor dan impor menimbulkan kegiatan perbelanjaan di dalam dan luar negeri.