Dalam buku sebelumnya, Prof. Sadono mendefinisikan mikroekonomi merupakan satu bidang yang mempelajari tentang bagian-bagian kecil dari satu perekonomian. Bagian kecil dari suatu perekonomian diantaranya perilaku konsumen, fungsi produksi, biaya produksi yang dikeluarkan dan lainnya.

Sedangkan dalam buku terbarunya, Prof. Sadono mengubah definisi mikro ekonomi sebagai satu rangkaian analisa mengenai kegiatan perekonomian pasar, kebaikan dan kelemahan sistem pasar dan peranan pemerintah untuk meningkatkan efisiensi perekonomian dan meningkatkan kemakmuran masyarakat.

“Dalam mikro ekonomi ada tiga komponen yang perlu dipelajari, mengenai sistem pasar, baik buruknya sistem pasar, dan bagaimana peranan pemerintah memperbaiki sistem pasar tersebut agar lebih berguna bagi masyarakat dan lebih memberikan kemakmuran masyarakat,” terangnya.

Berikan ilmu baru

Sementara itu, Wakil Dekan FEB UKSW, Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., M.M., mengungkapkan rasa suka cita atas kehadiran Prof. Sadono di FEB. Ia berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk berdiskusi dan membedah buku kreatif Prof. Sadono.

Senada, Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Ekonomi Departemen Ilmu Ekonomi Prof. Dr. Gatot Sasongko, S.E., M. S., mengungkapkan bahwa kehadiran Prof. Sadono merupakan wujud jalinan relasi internasional di FEB. “Melalui kegiatan ini, kita dapat mendengarkan pemikiran beliau dan mempelajari hal-hal baru tentang ilmu ekonomi,” jelasnya. Salam Satu Hati UKSW!

wied