blank
Mbak Ita didampingi perwakilan Bank Jateng, memberikan bantuan BLT secara simbolis, kepada pekerja pabrik rokok yang ada di Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersyukur bisa membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang diambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahap I.

Hal itu seperti yang dia sampaikan kepada para awak media, usai penyerahan BLT-DBHCHT secara simbolis kepada perwakilan karyawan dari 11 perusahaan rokok yang ada di Semarang. Penyerahan BLT itu dilakukan di Gedung Moch Ikhsan Lantai 8, Balai Kota Semarang, Senin (5/6/2023).

”Tahun ini ada alokasi anggaran dari pusat sebesar Rp 4,4 miliar. Sedangkan untuk penerima BLT sebanyak 1.666 orang, yang masing-masing menerima Rp 300 ribu,” kata Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang ini.

blank
Pada penyerahan bantuan BLT, Mbak Ita menyempatkan diri berbincang dengan perwakilan pekerja pabrik rokok. Foto: riyan

BACA JUGA: Benny Susetyo Tegaskan Tanggung Jawab Besar Partai Politik dalam Menjaga Kemajuan Bangsa

Dia berharap, bantuan yang dihitung sejak Maret sampai Juni itu, bisa bermanfaat dan sedikit membantu memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga para pekerja rokok.

Mbak Ita juga berpesan, untuk selalu mendukung program pembangunan Kota Semarang, dan menyampaikan semua keberhasilan pembangunannya kepada masyarakat yang lain.

Disampaikan juga, DBHCHT juga akan disalurkan ke Dinas Kesehatan, Disdalduk, Dinas Ketahanan Pangan, untuk support bantuan guna penanganan stunting.

BACA JUGA: Upah Pekerja Kompetitif, Jepara Jadi Surga Investasi

Sementara itu, salah satu pekerja pabrik rokok yang penerima BLT, menyatakan rasa senangnya, karena mendapatkan bantuan ini. Uang sebesar Rp 300 ribu itu, direncanakan untuk membeli susu bagi anaknya.

Penerima BLT yang lain menyampaikan hal senada kepada Mbak Ita. Dia menyebut, bantuan ini akan digunakannya untuk membayar tagihan listrik.

”Terima kasih Bu Wali Kota dan Pemkot Semarang, yang telah memperhatikan kesejahteraan para pekerja pabrik rokok, dengan memberikan BLT,” kata dia, yang diamini Mbak Ita.

blank
Sejumlah pekerja rokok yang ada di Kota Semarang, mengantre untuk menerima bantuan BLT. Foto: riyan

BACA JUGA: Di Tegal, SBY Tanyakan Kesiapan Caleg Partai Demokrat

Dari data yang diterima, penyerahan bantuan BLT yang diberikan secara simbolis itu, diwakili para pekerja dari 11 perusahaan rokok yang ada di Semarang. Perusahaan rokok itu adalah, PT Meta Prima Sejahtera, CV Pusaka Hidup, PT PR Siyem Mandala, Pt Djirak Bukit Abadi Tembakau.

Lalu ada pula PT IR Gentong Gotri, PT Bahtera Nusantara, PT Prau Layar, PT Restu Adhitama Jaya Sentosa, PT Restu Sejati Inti Abadi, PT Putri Tembakau Indonesia, CV Adelindo Abadi.

Riyan