blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Upaya meningkatkan dan mengokohkan kembali pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai bagian dari upaya melestarikan komitmen berbangsa dan bernegara setiap anak bangsa, harus terus dilakukan. Hal ini demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Perayaan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni, harus menjadi momentum untuk selalu mewujudkan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara, yang terkandung di dalam dasar negara kita,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/6/2023).

Menurut Lestari, penting bagi setiap warga negara untuk terus melestarikan nilai-nilai, kebhinnekaan, saling menghormati, gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di tengah perjalanan kehidupan bernegara yang saat ini penuh dengan tantangan.

BACA JUGA: Ledakan Tabung Gas di Warung Legendaris Purwodadi, 5 Orang Luka Bakar

Rerie sapaan akrab Lestari berpendapat, proses kontestasi dalam upaya merebut hati, dukungan dan kepercayaan masyarakat untuk memimpin bangsa ini, harus diwarnai dengan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila, yang merupakan dasar dalam bernegara.

Nilai-nilai yang mencakup aspek ketuhanan, kemanusiaan dan persatuan bangsa, untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu, tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah ini, sangat dibutuhkan setiap warga negara, sebagai panduan dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu sangat berharap, setiap anak bangsa dapat semaksimal mungkin mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dalam kehidupan kesehariannya.

BACA JUGA: Berkunjung ke Boyolali Hanya Ada Dua, Satu Bangga, Kedua Bangga Banget

Rerie mendorong, agar para pemangku kebijakan dan tokoh masyarakat, ikut serta mewujudkan lingkungan bernegara yang mampu melestarikan nilai-nilai Pancasila, dengan memberi teladan kepada masyarakat.

”Jangan sampai apa yang dipraktikkan dalam proses berbangsa dan bernegara saat ini, membuat generasi penerus meninggalkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya di masa depan,” tukas Rerie.

Riyan