blank
Langit-langit warung makan mengalami kerusakan setelah insiden ledakan tabung gas di Warung Ijo Purwodadi. Foto: Damkar Satpol PP

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Warung Makan Ijo, sebuah tempat makan legendaris di kota Purwodadi, Grobogan terbakar, Kamis, 1 Juni 2023 sekitar pukul 13.00 WIB.

Kebakaran yang terjadi di Warung Ijo milik Santoso Batu Aji (60) ini mengakibatkan lima orang mengalami luka bakar.

Kapolsek Purwodadi, AKP Dedy Setyanto mengatakan, peristiwa ini terjadi akibat tabung gas meledak karena diduga karena bocor.

Saksi mata yakni Hendra, yang sedang makan di warung tersebut, mengaku mendengar suara gas bocor. Kemudian, gas tersebut dikeluarkan dari dapur, namun tiba-tiba meledak dan atap dan seluruh barang perabotan yang ada di warung makan tersebut rusak seketika.

“Saya sempat terhempas setelah ledakan tersebut, tetapi tidak apa apa, saya bersyukur masih selamat,” ujar Hendra.

Hal yang sama diungkapkan Feri, tetangga korban. Setelah mendengar suara ledakan, ia bersama warga lain langsung mengevakuasi para korban.

“Perabotan di warung makan berserakan, kami langsung bantu memadamkan dengan tabung APAR dan menyelamatkan korban yang terluka,” ujarnya.

Diketahui, korban selamat tanpa luka yakni pemilik warung yaitu Santoso dan istrinya Emi, 50 tahun serta anak mereka yang berusia 20 tahun.

Sementara korban yang mengalami luka bakar yakni 4 karyawan dan satu anak pemilik warung.

“Betul ada lima korban mengalami luka bakar dan langsung mendapatkan penanganan medis di fasilitas kesehatan terdekat,” ujar AKP Dedy.

Adanya kejadian ini, Kapolsek Purwodadi AKP Dedy meminta kepada masyarakat agar berhati-hati saat memasang tabung gas.

“Pastikan untuk memasang tabung gas dengan baik dan benar dengan penggunaan regulator yang sesuai dengan SNI untuk meminimalisir kebocoran,” imbau AKP Dedy.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil yang dialami oleh pemilik warung diperkirakan mencapai Rp30 juta.

Tya Wiedya