JEPARA (SUARABARU.ID) – – PLN terus menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan langkah konkret dan upaya yang berkelanjutan. Pada kesempatan kali ini PLN menggelar Pelatihan dan Sertifikasi K3 Operator Forklift yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B.

Pelatihan yang berlangsung di PLTU Tanjung Jati B, Jepara tersebut dibuka oleh Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UIK Tanjung Jati B, Apri Hartono Basuki

Menurut Apri Hartono Basuki, kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian PLN Tanjung Jati B terhadap masyarakat di sekitar PLTU. Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya mendapatkan tambahan pengalaman, tetapi juga sertifikat yang akan berguna dalam mendukung karier mereka di masa depan.

Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati, Muktiati (Foto: Humas PLN)

“Kami berharap pelatihan ini akan memberikan nilai tambah kepada seluruh rekan-rekan peserta, membekali rekan-rekan dengan keahlian yang berguna, serta memberikan sertifikasi yang dapat membuka pintu kesempatan karier yang lebih luas,” kata Apri dalam sambutannya.

Pelatihan dan sertifikasi K3 Operator Forklift juga dihadiri oleh Kepala Satuan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah Pati, Muktiati. Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada PLN UIK Tanjung Jati B yang telah menggelar kegiatan pelatihan ini terutama bagi masyarakat di ring 1 PLTU Tanjung Jati B.

Acara ini bertujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah tersebut. Selain itu, Muktiati memberikan materi yang penting, termasuk dasar-dasar K3, Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, dan Peraturan Menteri No 8 tahun 2020 tentang Pesawat Angkut dan Angkat.

Diikuti oleh 20 peserta, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan terbagi menjadi sesi pengajaran teori yang diadakan di ruang Kartini PLN UIK Tanjung Jati B, serta sesi praktek lapangan pengoperasian mesin forklift di area laydown PLTU Tanjung Jati B.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UIK Tanjung Jati B, Apri Hartono Basuki saat membuka pelatihan (Foto: Humas PLN)

Di bawah bimbingan instruktur yang berpengalaman, mereka diberi kesempatan untuk mengoperasikan forklift secara langsung dan menghadapi situasi nyata yang mungkin terjadi di lapangan. Hal ini akan memperkuat keterampilan praktis para peserta, memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang telah dipelajari dengan baik.

Selain memberikan peningkatan keterampilan, pelatihan dan sertifikasi ini juga memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta. Dengan mendapatkan sertifikat K3 Operator Forklift yang diakui secara nasional, peserta akan memiliki keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan atau meningkatkan posisi di tempat kerja mereka saat ini. Sertifikat ini juga merupakan bukti yang kuat tentang kemampuan dan keahlian mereka dalam mengoperasikan forklift dengan benar, aman dan efisien.

Hadepe